Sekilas Info

Gala Desa Pertandingkan Empat Cabor 

Istimewa/Kabartimur
Pembukaan Gala Desa di stadion Maren, Kota Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara, beberapa waktu lalu. Gala Desa 2018 mempertandingan empat cabang olahraga diikuti 2.262 atlit.

KABARTIMURNEWS.COM,LANGGUR - Susses pada penyelenggaraan olahraga antar desa atau Gala Desa 2017, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kabupaten Maluku Tenggara kembali menyelenggaraan event serupa tahun ini.

Gala Desa di kabupaten yang dipimpim Bupati Anderias Rentanubun itu telah bergulir 16 Oktober-1 November 2018 mempertandingkan empat cabang olahraga (Cabor), yaitu sepakbola, bola voli, bulutangkis dan atletik.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malra, Muhsin Rahayaan mengatakan, Gala Desa merupakan ajang  olahraga antar desa yang digagas Kementerian Pemuda dan olahraga (Kemenpora) RI, berdasarkan Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang selanjutnya diimplementasikan di daerah-daerah.

Penyelenggaraan Gala Desa bertujuan untuk menjadikan masyarakat sehat dan bugar, terciptanya ketahanan sosial dalam hal ini persaudaraan sportifitas, disiplin dan karakter yang tangguh, serta menggali potensi dan bakat yang berasal dari desa atau kelurahan untuk dikembangkan di tingkat nasiona.

Menurutnya, sasaran penyelenggaraan Gala Desa 2018 adalah seluruh lapisan masyarakat desa dan kelurahan khususnya pelajar dan masyarakat umum.

Antusias masyarakat, lanjut Rahayaan, begitu besar pada penyelenggaraan Gala Desa. Hal tersebut terlihat dengan keterlibatan yang mendaftar mencapai 2.262 atlit.

“Masyarakat sangat menyambut baik event ini, kalau kita lihat jumlah keseluruhan atlit yang mendaftar mencapai 2.262 atlit. Dengan rincian cabang olahraga sepakbola U-19 sebanyak 41 tim, bola voli 56 tim (putra 35 tim, putri 21 tim), bulu tangkis 123 peserta dan atletik 207 peserta,” rinci Rahayaan.

Pembukaan Gala Desa di stadion Maren Langgur diawali dengan jalan santai yang diikuti warga dan peserta. (KTL)

Penulis:

Baca Juga