Sekilas Info

3 Gempa Susulan Kembali Terjadi

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Gempa susulan masih terus mengguncang Kota Ambon dan sekitarnya, Kamis (26/9). Gempa yang kembali menggoyang dataran Ambon ini berkekuatan 3.4 SR pukul 10.52 WIT.

13 menit berlalu, gempabumi berkekuatan 3.4 SR dan 3.3 SR kembali terjadi. Ketiga gempa susulan ini juga tidak berpotensi tsunami.

Sebelumnya, sejak gempa pertama 6.8 SR mengguncang, warga yang bermukim di dataran rendah langsung memilih mengungsi ke daerah ketinggian.

Analisa BMKG Stasiun Geofisika Ambon, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Ambon ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar mendatar (strike slip fault).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Sunardi, Kepala Stasiun Geofisika Ambon dalam rilisnya.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Warga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," tandasnya. (CR1)

Penulis:

Baca Juga