Sekilas Info

Bendungan Wae Apo Mulai Dikerjakan

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Sempat tertunda, akhirnya pembangunan Bendungan Wae Apo di Pulau Buru dengan anggaran jumbo Rp 2 triliun lebih resmi dicanangkan pembangunannya.

Pencanangan pembangunan Bendungan Wae Apo ditandai penandatangan prasasti oleh Gubernur Maluku, Said Assagaff dan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Hari Suprayogi Selasa, 12 Februari 2019, di Pulau Buru.

“Kemarin kita canangkan dimulainya pembangunan Bendungan Wae Apo. Saya sudah tandatangan prasasti juga,”ungkap Gubernur Maluku, Asid Assagaff kepada awak media di kantor Gubernur Maluku, Rabu (13/2).

Dijelaskan, dari 10 program prioritas nasional di Maluku yang ditetapkan Presiden Joko Widodo, Bendungan Way Apu menjadi yang pertama mulai dikerjakan. Dia berharap, dimulai pekerjaan bendungan Way Apu, akan disusul pekerjaan sembilan program proritas lainnya.

Ke-sembilan program itu diantaranya: Pembangunan Pelabuhan Kontainer Terpadu Tulehu-Wai, Maluku Tengah, juga rencana pembangunan bandara parawisata di Banda, dan Fly Over di Kota Ambon.

“Untuk rencana pembangunan pelabuhan kontener, desain dan Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) sudah dilaksanakan. Mudah-mudahan kedepan pembangunannya sudah bisa dilaksanakan,”ucapnya.

Untuk diketahui, Bendungan Way Apu terdiri dari 3 paket dengan total Rp 2,223 triliun terdiri dari pembangunan fisik meliputi paket 1 dengan kontraktor PT. Pembangunan Peruhaman – PT Adhi Karya (KSO) Rp 1,609 triliun, paket 2 kontraktor PT Hutama Karya – PT Jasa Konstruksi (KSO) senilai Rp 1,103 triliun dan kontrak paket supervise senilai Rp 74 miliar dengan PT. Indra Karya.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga