Sekilas Info

Dinas Pariwisata Benahi Objek wisata

Pantai Ngurtavur di Kabupaten Maluku Tenggara menjadi objek wisata andalan yang dikunjungi wisatawan domestik.

KABARTIMURNEWS.COM, LANGGUR - Dinas Pariwisata Maluku Tenggara (Malra) akan membenahi objek wisata di kabupaten itu untuk menyongsong "Visit Maluku 2020" yang diprogramkan pemerintah provinsi.

"Terkait dengan Visit Maluku 2020, saat ini kita di kabupaten terus berbenah. Agenda itu nanti dibahas dan dipertajam dalam rapat koordinasi kemitraan provinsi Maluku, dijadwalkan di Langgur pada 19-21 Februari mendatang," kata Kepala Dinas Pariwisata Malra, Roy Rahajaan kepada di Langgur, Selasa (12/2).

Kata Rahajaan, seluruh kepala dinas pariwisata Maluku dan perwakilan Kementerian Pariwisata akan berkumpul untuk membahas dan mempertajam rencana kegiatan pariwisata yang akan diselenggarakan di Maluku sepanjang tahun 2020.

"Jadi kita harus menyiapkan diri maupun daerah kita untuk dilihat dan ditonton oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri," ujar Rahajaan.

Persiapan antara lain pelatihan bagi pekerja perhotelan, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Maluku.

Menurutnya, pelatihan itu dianggap perlu bagi pekerja perhotelan, khususnya bagaimana mereka mempersiapkan diri dalam melayani tamu. "Nanti juga ada pelatihan diving (menyelam), karena pemandu wisata bawah laut sangat terbatas. Kalau wisata darat, kita sudah punya lebih dari 50 orang," katanya.

Roy menyatakan, Dinas Pariwisata tahun ini fokus mengembangkan beberapa situs di Ohoi Wab dan Ngurtavur yang sampai saat ini masih perawan (belum ada pembangunan infrastruktur).

Pengembangannya fisik, kata dia, di Ngurtavur akan dibangun manara pandang dan gasebo, selain penyediaan kuliner khas daerah Malra.

Rahajaan menjelaskan, pariwisata merupakan sektor unggulan yang menjadi prioritas Pemkab Malra.

Bupati Malra Muhammad Taher Hanubun, kata dia, banyak berkonsultasi dan mengajukan proposal ke sejumlah kementerian, termasuk pariwisata dan Kemenko Kemaritiman. "Artinya terobosan-terobosan sudah dilakukan untuk memajukan perekonomian Malra, khususnya dari pariwisata," ujar Rahajaan. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga