Pengelolaan Keuangan Ohoi Harus Transparan

Muhammad Taher Hanubun

KABARTIMURNEWS.COM, LANGGUR - Seluruh Kepala ohoi atau desa di Kabupaten Maluku Tenggara harus mampu menciptakan pengelolaan keuangan ohoi yang transparan dan akuntabel.

“Saudara-saudara kepala ohoi harus mampu menciptakan pengelolaan keuangan Ohoi yang transparan, akuntabel dan terbuka,” ingat Bupati Maluku Tenggara, Muhammad Taher Hanubun dalam sambutannya saat melantik 32 kepala ohoi di Langgur, pekan kemarin.

Apalagi kata dia, saat ini pengelolaan keuangan Alokasi Dana Desa dan Dana Desa merupakan obyek pemeriksaan yang paling dicari institusi penegak hukum. Untuk itu dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di setiap ohoi harus dilakukan sesuai kebutuhan dan peruntukannya.

Sehingga pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah daerah Malra, aparat penegak hokum maupun masyarakat tidak ditemukan kejanggalan dalam pengelolaan keuangan desa.

Hal ini agar seluruh stakeholder dimaksud secara bersinergi membangun ohoi. Selain itu Hanubun mengingatkan menjadi pemimpin di tengah masyarakat bukan hal yang mudah. “Dibutuhkan ketekunan, kesabaran, keikhlasan bahkan pengorbanan. Salah satu tugas yang paling berat dari seorang kepala ohoi harus mampu mengayomi seluruh masyarakat,” kata Hanubun. (KTL)

Penulis:

Baca Juga