Sekilas Info

Dinas PUPR Maluku Siapkan RTRW Blok Masela

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku masih merevisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Lapangan Abadi Blok Masela di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (sebelumnya bernama Maluku Tenggara Barat).

RTRW ini dilakukan mengingat lahan yang akan digunakan untuk Blok Masela terdapat perkebunan tebu milik PT Tanimbar Nanium Sejahtera.

“Beberapa waktu lalu kita sudah melakukan rapat dengan tim tata ruang, bersama BPN, SKK Migas dan pemerintah kabupaten/kota terkait hal ini. Di mana pada lokasi migas Blok Masela juga ada izin lahan tebu. Dari sisi tata ruang kita akan melihat hal ini, bagaimana bisa mengakomodir Blok Masela maupun untuk perkebunan tebu,” kata Kepala Dinas PUPR Maluku, Ismail Usemahu, kemarin.

Untuk itu, kata Usemahu, akan ada space untuk lahan tebu maupun Blok Masela. Untuk luas lahan, Ismail tidak mengetahui pasti, namun dari 15 ribu lahan yang disiapkan, sebagian diperuntukan untuk Blok Masela. Dan hal ini sesuai dengan surat yang dikirim oleh Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon.

“Kita terus melakukan koordinasi, bersinergi antara pemkab, pemprov dan pemerintah pusat untuk percepatan proyek strategis nasional ini,” ujar dia.

PEMBAHASAN POD

Sementara itu, kemajuan proyek Migas Blok Masela belum juga terlihat. Padahal Inpex Corporation selaku operator telah menyerahkan Pre Front End Engineering Design (FEED) pada akhir tahun lalu. Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengaku ia sempat optimis bisa menyerahkan Plan of Development Revisi POD I kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan pada awal Februari ini. Namun Dwi mengaku proposal pengembangan Lapangan Abadi Blok Masela masih terus dibahas.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga