Sekilas Info

Pemkab Malra Penyesuaian NJOP

Muhammad Taher Hanubun

KABARTIMURNEWS.COM, LANGGUR - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara akan melakukan penyesuaian nilai jual objek pajak (NJOP) bumi dan bangunan  di daerah itu.

"Pemda pada tahun ini akan melakukan penilaian terhadap NJOP bumi dan bangunan yang belum disesuaikan dalam kurun waktu 15 tahun terakhir," ujar Bupati Maluku Tenggara, M. Taher Hanubun dalam sambutannya pada penyerahan sertifikat tanah di Langgur, beberapa waktu lalu.

Penyesuaian ini akan berdampak pada peningkatan nilai objek pajak atas bumi dan bangunan dalam zonasi tanah di sektor perkotaan.

Selain itu, Pemkab Malra juga akan melaksanakan penataan aset-aset tanah milik pemerintah daerah.

Tim ad hoc akan dibentuk untuk menginventarisir tanah milik pemerintah daerah dalam rangka menopang program pembangunan yang direncanakan. Pemanfaatannya akan disesuaikan pedoman penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang akan disusun dan ditetapkan tahun ini.

Dukungan penuh Badan Pertanahan Kabupaten Malra dalam penataan aset Pemda dalam hal ini tanah. "Saya berharap dukungan dari Badan Pertanahan yang juga melibatkan tim ad hoc yang dibentuk pemda untuk menjalankan penataan aset dimaksud," pungkas Hanubun. (KTL)

Penulis:

Baca Juga