Sekilas Info

Infrastruktur Kei Besar Dikerjakan Tahun 2019

Bupati Malra Muhammad Taher Hanubun saat kunjungan kerja di Kecamatan Kei Besar Utara Timur, belum lama ini.

KABARTIMURNEWS.COM, LANGGUR - Sejumlah infrastruktur di wilayah Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara seperti jalan, jembatan, dermaga akan dikerjakan di tahun 2019.

Pasokan listrik yang merata untuk menjangkau wilayah Kei Besar juga menjadi perhatian PemerintahKabupaten Maluku Tenggara di bawah kepemimpinan Bupati Taher Hanubun dan Wakil Bupati Petrus Beruatwarin.

“Pembangunan infrastruktur sarana prasarana jalan, jembatan dan kepastian akan pasokan listrik yang mampu untuk menjangkau seluruh wilayah Kei Besar. Selain itu rencana pembangunan dermaga ferry di Kecamatan Utara Timur di Ohoi Fay juga akan direalisasi tahun ini,” tandas Bupati saat berkunjung ke Kecamatan Kei Besar Utara Timur, belum lama ini.

Ruas jalan dari Elat ke Yamtel di Kei Besar menjadi prioritas pertama yang akan dikerjakan tahun ini. "Tahun 2019 sudah dianggarkan, kita prioritaskan jalan Elat-Yamtel. Karena memang pada musim tertentu sentral terminal itu berada di Ohoi Yamtel untuk wilayah utara timur, dan target untuk jalan lintas Kei Besar Utara timur direncanakan 3 tahun ke depan sudah rampung. Tetapi juga harus menghitung berapa banyak jembatan yang dilawati ini supaya pekerjaan tidak terhenti atau setengah-setengah disusul juga pekerjaan yang lain,” katanya.

Begitu juga rencana pembangunan dermaga Ferry di Ohoi Fau. “Lahan sudah siap, juga ada komunikasi dan kesepakatan antara kementerian dan dinas terkait untuk dibangun di tahun 2019. Proses pembangunan yang berhubungan dengan sarana prasarana jalan, jembatan di Kei Besar sudah mulai jalan tahun 2019. Kalaupun APBD belum tercukupi kami akan berupaya untuk mencari jalan lewat pemerintah pusat,” ujarnya.

Sementara itu, untuk menangani krisis listrik di Kei Besar berbagai upaya telah dilakukan pemerintah daerah Malra bersama PT PLN (Persero). "Saat ini mesin listrik yang baru dari pihak PLN sudah ada. Jaringan listrik hingga meteran di beberapa ohoi atau desa sudah terpasang. lahan untuk penempatan mesin baru pun sudah disiapkan oleh pemda. Kita berharap di tahun 2019 listrik sudah bisa menjangkau wilayah Kei Besar secara merata,”terangnya.

Bupati meminta kesadaran dan peran serta masyarakat dalam mendukung rencana pemerintah dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut. “Untuk jalan dan listrik dalam kurun waktu 3 tahun ke depan saya yakin bisa menjawab kebutuhan masyarakat di Kei Besar,"pungkasnya. (KTL)

Penulis:

Baca Juga