Sekilas Info

Pangdam Pattimura Kunjungi Bursel

Mayor Jenderal TNI Suko Pranoto

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto melakukan kunjungan kerja ke Namrole, Ibukota Kabupaten Buru Selatan, Rabu (26/12).

Sambangi Kabupaten dengan semboyan Lolik Lalen Fedak Fena itu, Pangdam didampingi Danrem 151 Binaya Kolonel Inf Hartono, Asintel Kasdam Kolonel Inf Eppy Gustiawan dan Kaspri Pangdam Mayor Inf MH.Rofiq.

Rombongan Pangdam tiba di Namrole, ibu kota Kabupaten Bursel menumpangi Helikopter Jenis BELL 412 Nomor Reg HA-5181 milik TNI AD.

Tiba di Bandara Namrole, Pangdam bersama rombongan dijemput Penjabat Sekda Kabupaten Bursel Abdul Mutalib Laitupa, Kapolsek Namrole AKP Yasmin Selayar, Danramil, Danki D 731 Kabaresi, Danton Brimob, Kabag Kesra Mansur Mony, Kabag Kesbangpol Ismid Thio, Kabag Humas Arens Solissa dan pejabat lainnya.

Usai pengalungan kain adat Lestari dan suguhan tarian cakalele khas masyarakat Bursel yang ditampilkan anak-anak dari desa Kamlanglale, Pangdam beserta penjabat sekda dan rombongan menuju asrama kompi 731 Kabaresi.

Tiba di Kompi 731 Kabaresi di Desa Labuang, Pangdam memberikan pengarahan kepada anggota TNI dan pengurus Persit di Gedung Nusa Ina. "Pertama kali saya datang ke sini, pertama kalinya, kalau ada kesempatan ya, Insya Allah saya juga pingin lagi ke sini, meskipun saya sebentar lagi juga bukan Pangdam lagi. Tetapi kita sesama TNI angkatan darat setiap saat bisa ketemu," ujarnya.

Kompi 731 Kabaresi kata Pangdam, 50 anggotanya penugasan di Provinsi Maluku Utara. Pangdam meminta agar seluruh prajurit selalu menjaga keamanan internal serta berlatih menembak dan latihan fisik. "Ke depan tugas Kodam sangat banyak yang bergabung dalam Satgas pengamanan daerah yang rawan. Konflik sudah tidak ada lagi tetapi berantem masih dan baku lempar masih ada," kata jenderal bintang dua ini.

Kepada ibu-ibu persit yang ditinggal suami bertugas, Pangdam mengimbau agar selalu berdoa dan rutin dilakukan. "Doa istrinya, doa ibu-ibunya selalu ditunggu bapak-bapak di sana (tempat penugasan). Dan bapak-bapak di sana saya perintahkan berdoa, jangan main-main, jangan macam-macam," tegas Pranoto yang akan menduduki jabatan baru sebagai Irjen TNI AD.

Selain itu, ibu-ibu persit juga diimbau melakukan pergaulan dengan masyarakat sekitar kompi dengan baik, saling menolong dan membantu. "Anak-anak dididik dengan baik, diajarkan disiplin sejak kecil. Anak-anak dikasih makan ikan dan disiplin waktu makan," pesan Pangdam.

Dalam kunjungan ini, pangdam memberikan talih kasih kepada anak-anak prajurit, ibu-ibu persit dan anggota TNI AD. Talih kasih dari pangdam juga diberikan kepada Polsek Namrole. Usai pemberian talih kasih, Pangdam beserta rombongan menuju Bandara Namrole kembali ke Ambon. (KTL)

Penulis:

Baca Juga