Sekilas Info

325 Peserta Ikut SKB CPNS

Jimi Elvis Tanlain

KABARTIMURNEWS.COM, LANGGUR - Panitia seleksi daerah menggelar seleksi kompetensi bidang (SKB) rekrutmen CPNS Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, Rabu (12/12).

SKB dikuti 325 peserta berlangsung selama sehari di SMA Negeri 2 Kei Kecil. Sekretaris Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Maluku Tenggara, Jimi Elvis Tanlain mengatakan, pelaksanaan SKB terbagi empat sesi.

“SKB diikuti 325 peserta, untuk pengisian formasi jabatan tenaga kesehatan, guru dan teknis. Seleksi terbagi dalam empat sesi. Sesi pertama terdiri dari 82 orang peserta dan sesi kedua hingga keempat 81 peserta,” sebut Tanlain.

Ratusan  peserta ini terdiri dari 7 orang yang lulus passing grade dan peserta lainnya yang ditetapkan menggunakan sistem perankingan berdasarkan Permenpan Nomor 61 Tahun 2018 saat tahapan Seleksi Komptensi Dasar (SKD) .

Menurutnya SKB, ditetapkan berdasarkan perolehan nilai tertinggi dari seluruh peserta yang melamar pada masing-masing formasi jabatan yang akan dikonversi berdasarkan nilai SKD dan SKB.

“SKB beda penilaiannya dengan SKD.  Kalau SKD dasar acuannya pada passing grade, sementara SKB dilihat dari perolehan nilai tertinggi dari seluruh peserta yang melamar pada masing-masing formasi jabatan. Setelah itu dikonversi nilainya dari nilai SKD dan SKB dengan bobot penilaian 60 persen untuk SKB dan 40 persen untuk SKD yang akan diintegrasikan,” rinci Tanlain.

Untuk SKB terdapat satu orang peserta dariformasi disabilitas, sementara untuk eks honorer kategori dua dan cum laude tidak ada pesertanya.

“Setelah pelaksanaan SKB tahapan selanjutnya akan dilaksanakan pengintergrasian nilai kompetensi dasar dan kompetensi bidang yang akan dilaksanakan oleh Panselnas,” ujarnya. (KTL)

Penulis:

Baca Juga