Sekilas Info

Bupati Minta Bandara Karel Sadsuitubun Dikembangkan

Bupati Maluku Tenggara, M. Taher Hanubun saat meninjau Bandara Karel Sadsuitubun di Kota Langgur, pekan kemarin.

KABARTIMURNEWS.COM, LANGGUR - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara akan mengusulkan pengembangan Bandar Udara Karel Sadsuitubun  ke pemerintah pusat.

Untuk memuluskan rencana itu, pekan kemarin Bupati Maluku Tenggara, Muhammad Taher Hanubun telah meninjau bandara tersebut.

“Beberapa waktu lalu Pak bupati telah meninjau Bandara Karel Sadsuitubun untuk rencana pengembangan ke depan,” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Maluku Tenggara, Anthonius Raharusun kepada Kabar Timur melalui telepon selulernya, kemarin.

Bupati sudah berkoordinasi dengan Kepala Bandara Karel Sadsuitubun terkait rencana pengembangan dimaksud. “Pak bupati sudah berkoordinasi dengan kepala bandara untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang diperluka,n misalnya masterplant untuk dibawa ke Kementerian Perhubungan, Bappenas dan Presiden,” ungkapnya.

Rencananya  pengembangan yang diusulkan tersebut, yakni penambahan apron dan terminal baru. Pengembangan Bandara Karel Sadsuitubun ke depan yaitu perluasan apron atau tempat parkir pesawat terbang. “Yang sekarang ini bisa hanya memuat dua jenis boeing ditambah satu pesawat kecil,” terangnya.

Hal ini bertujuan agar ke depan Maluku Tenggara sebagai entry point  melayani daerah selatan dari wilayah Papua ke Maluku Tenggara, selanjutnya Surabaya, Bali dan NTT. “Rencana pemerintah daerah ke depan diharapkan seperti itu,” tuturnya.

Apalagi saat ini Bandara Karel Sadsuitubun sudah disinggahi pesawat jenis boeing milik maskapai penerbangan Sriwijaya Air yang melayani rute Langgur-Makassar pulang pergi.

Kata Raharusun, rencana pengembangan sarana penunjang transportasi udara ini sangat diperlukan untuk menjawab kebutuhan sektor pariwisata  di Kabupaten Maluku Tenggara yang terus menggelait beberapa tahun terakhir ini. “Kunjungan wisatawan ke Maluku Tenggara semakin meningkat. Saat ini pesawat berbadan lebar sudah  ada. Rencana ke depan dilakukan pengembangan bandara untuk menjawab sektor pariwisata yang menjadi andalan Kabupaten Maluku Tenggara,” ujar Raharusun. (KTL)

Penulis:

Baca Juga