Sekilas Info

Wujudkan Pelayanan Pemerintahan Berbasis IT

KABARTIMURNEWS.COM, LAGGUR - Kota Langgur akan diwujudkan sdebagai pusat pelayanan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, sebagai kota Teknologi Informasi (IT) menuju Smart City.

Demikian dikatakan Bupati M. Taher Hanubun dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Setda Kabupaten Malra, AbduL Hamid Ingratubun, saat membuka bimbingan teknis aplikasi e-office siMAYA, dalam mengelola Tata Naskah Dinas Elektronik, di aula kantor bupati, belum lama ini.

Untuk mewujudkan hal itu, Smart City memiliki kriteria mulai dari kesiapan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), memiliki ruang dari APBD, sampai pada pola pikir masyarakat khususnya organisasi perangkat daerah (OPD). “Dengan demikian masyarakat akan cerdas sebagai perwujudan peningkatan sumber daya manusia melalui IT,” ujarnya.

Untuk membantu masyarakat mendapat berbagai informasi dan perkembangan dunia dan lapangan kerja melalui bisnis online serta pengelolaan sumber daya alam,  saat ini sudah terdapat 50 Smart City di Indonesia dan 100 kota yang dipilih pemerintah.

Sehingga OPD terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara jangan tinggal diam agar bagaimana memiliki inovasi untuk menunjukan Langgur siap mewujudkan Smart City.

“Mimpi besar ini akan menunjang berbagai sektor andalan kita, perikanan dan pariwisata sehingga mari bersama-sama kita bangun negeri Evav tercinta karena dari sini kita ada dan selalu ada sampai anak cucu kita,” ajak bupati.

Apalagi sesuai dengan misi Pemkab Malra saat ini, yakni memajukan bidang IT, maka komitmen untuk mewujudkan good government merupakan suatu tekad yang memerlukan kerja keras maupun akselerasi yang cepat dari seluuh perangkat daerah.

“Salah satu media untuk mendukung hal tersebut adalah penerapan e-govemment dalam pengelolaan pemerintahan di segala sektor. Pemanfaatan IT merupakan hal wajib dalam pelaksanaan pemerintahan yang efektif dan efisien,” pungkasnya. (KTL)

Penulis:

Baca Juga