Sekilas Info

Bupati Himbau Masyarakat Jaga Kamtibmas

KABARTIMURNEWS.COM, LANGGUR - Menjelang perayaan Natal, Bupati Maluku Tenggara, M. Taher Hanubun mengimbau masyarakat menjaga kamtibmas di daerah itu tetap kondusif.

“Di dalam pelaksanaan Natal yang perlu diprioritaskan adalah keamanan. Sekaligus juga saya minta partisipasi seluruh lapisan masyarakat Maluku Tenggara untuk bersama-sama menjaga kamtibmas,” kata Hanubun kepada wartawan di kantor bupati, beberapa waktu lalu.

Tak hanya masyarakat, aparat keamanan, TNI dan Polri diminta melakukan pengamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru.
Orang nomor satu di Bumi Larvul Ngabal ini mengatakan, telah mengundang tim ekonomi untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan harga sembilan bahan pokok (Sembako) dan ketersediaannya.

“Saya ingatkan kepada para pedagang khususnya sembako supaya tidak main harga pada saat Natal dan Tahun Baru. Penyediaan sembako itu ada tim ekonomi yang turun langsung untuk memeriksa kesiapan-kesiapan itu. Jangan sampai terjadi kelangkaan seperti telur menjelang hari raya nanti,” tegas Hanubun.

Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara juga sudah berkoordinasi dengan Bulog agar tidak terjadi kekurangan stok beras selama perayaan Natal dan Tahun Baru. Sementara untuk kesiapan mudik, sarana transportasi ke Kei besar, Bupati mengaku sudah membicarakannya bersama Dinas Perhubungan dan ASDP untuk penyediaan armada feri.

“Saya juga meminta masyarakat terutama yang selalu menumpangi kapal feri rute Langgur-Kei Besar agar ikut menjaga keamanan dan ketertiban di atas kapal. Jangan sampai karena ulah satu orang sehingga menimbukan permasalahan yang dampaknya menghambat rute pelayaran,” pesan dia.

Transportasi untuk menunjang kegiatan ekonomi masyarakat Malra lebih khusus di bagian Pulau Kei Besar menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru turut menjadi perhatian Pemkab Malra maupun upaya mengantisipasi bencana.

“Hal ini musti dibicarakan dengan para pemilik usaha speed boat dan ASDP dalam penyediaan kapal feri. Sementara untuk antisipasi hingga penanggulangan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah sudah kita minta agar berjaga-jaga walaupun tentunya kita tidak menginginkan sesuatu yang buruk terjadi,” lanjutnya.

Hanubun menambahkan, tidak lama lagi akan diluncurkan pelayaraan rute Debut -Pulau Kur - Tanimbar Kei. “Kapal konstruksi kayu yang dioperasikan, saya nilai cukup bagus untuk melayani masyarakat,” pungkas Hanubun. (KTL)

Penulis:

Baca Juga