Sekilas Info

Bimtek Aplikasi E-Office SIMAYA

KABARTIMURNEWS.COM, LANGGUR - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi E-Office SIMAYA dalam tata kelola naskah dinas elektronik online. Bimtek dibuka Asisten I Setda Kabupaten Maluku Tenggara A.H Ingratubun, di aula lantai tiga kantor bupati, Jumat (30/11).

Bupati Maluku Tenggara M. Taher Hanubun dalam sambutannya yang dibacakan Ingratubun mengatakan, aplikasi ini harus digunakan oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintah daerah setempat. “Aplikasi ini harus digunakan seluruh OPD pada tahun 2019,” ingatnya.

Karena itu diperlukan sumber daya aparatur yang siap berkompetisi dan berinovasi. “Peningkatan kemampuan aparatur perlu dilakukan dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya penggunaan aplikasi E-Office SIMAYA,” ujar bupati.

Bupati meyakini aplikasi ini akan membantu memberikan pelayanan publik lebih cepat, praktis serta biayanya lebih murah. “Bimtek ini dalam rangka perwujudan pelayanan naskah dinas konvesional yang selama ini dilakukan manual menjadi online, sehingga tidak lagi pelayanan naskah menunggu konfirmasi yang memakan waktu dan tenaga yang lama,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat sangat membutuhkan sentuhan pelayanan publik karena itu OPD terkait tetap memberikan pendampingan agar tahun 2019 dapat dilaksanakan. “Aplikasi ini bukan saja untuk naskah dinas elektronik, namun juga e-kinerja juga akan didorong,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Johana Lethulur dalam laporannya mengatakan, aplikasi E-Office SIMAYA penting dalam mewujudkan good government. Dewasa ini seluruh komponen masyarakat menggunakan Teknologi Informasi Komputer (TIK) dalam pelayanan perkantoran maupun pelayanan publik. Walaupun TIK belum dimanfaatkan maksimal, namun dapat mendorong reformasi biorkasi.

Menurutnya, Bimtek ini juga menjadi bagian penyatuan pandangan dan persepsi yang sama serta lebih siap mengantisipasi tantangan dan peluang pembangunan di bidang TIK Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara.

Bimtek diselenggarakan atas kerjasama Bagian Tata Usaha Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Maluku Tenggara dengan instansi teknis terkait serta Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (KTL)

Penulis:

Baca Juga