Sekilas Info

Bupati: Puskesmas Mataholat akan Diperbaiki

Bupati Maluku Tenggara M. Taher Hanubun saat melakukan kunjungan kerja di Puskesmas Desa Mataholat, Kecamatan Kei Besar, pekan kemarin.

KABARTIMURNEWS.COM, LANGGUR - Bupati Maluku Tenggara, M. Taher Hanubun melakukan kunjungan kerja di Desa Mataholat, Kecamatan Kei Besar.

Dalam kunjungan itu orang nomor satu di bumi Larvul Ngabal ini melihat langsung kerusakan Gedung Puskesmas Desa Mataholat, pekan kemarin.

Beberapa bagian di dalam dan luar bangunan Puskesmas rusak. Seperti bibir jalan hingga lapangan Puskesmas kondisinya rusak parah.  Terlihat, bekas cor semen yang sudah ambruk akibat termakan abrasi disebabkan oleh genangan air yang terus mengalir deras ketika curah hujan tinggi. Akibatnya menimbulkan kerusakan total pada jalan sepanjang 100 meter dengan lebar 4 meter itu.

Kerusakan serupa juga ditemukan pada talud penyangga yang berada di halaman tepatnya lapangan puskesmas sepanjang 100 meter dengan tinggi 3 meter.

Kerusakan juga ditemukan di ruang obat-obatan, rumah dinas dokter dan perawat yang berada di depan halaman Puskesmas. Bagian plafon rusa begitu juga atap dan tangga yang sudah ambruk.

Kepala Puskesmas Mataholat, Leli Famas Koedoeboen saat berbincang dengan Bupati mengungkapkan, seluruh perawat takut berada di dalam Puskesmas saat cuaca buruk. "Hembusan angin yang begitu kuat sehingga sering kali plafon roboh,” ujarnya.

Koedoeboen juga menyampaikan kekurangan tenaga medis dan kendaraan medis menjadi salah satu keterbatasan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Mendengar hal itu, Bupati merasa terharu melihat tenaga medis yang tetap setia dalam menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat walaupun dengan fasilitas yang kurang memadai.

"Saya berjanji akan segera mengusahakan bantuan memperbaiki kerusakan di beberapa bagian gedung Puskesmas dan melengkapi fasilitas dan sarana penunjang," janjinya.

Menurutnya perbaikan infrastruktur tersebut sangat penting sehingga seluruh aktivitas pelayanan medis di Puskesmas Mataholat bisa berjalan baik dan nyaman.

Dalam kunjungannya itu, bupati menandatangani buku daftar tamu bertuliskan "Komitmen Mutu dan Keselamatan Pasien" sebagai simbol Peningkatan Mutu Kesehatan di Puskesmas Mataholat. (KTL)

Penulis:

Baca Juga