Sekilas Info

Bupati Tinjau Lokasi Pembangunan Pelabuhan Wearlilir

Bupati Maluku Tenggara M. Taher Hanubun saat melakukan kunjungan kerja di Ohoi Ohoiwait,Kei Besar, Senin (19/11)

KABARTIMURNEWS.COM, LANGGUR - Bupati Maluku Tenggara M. Taher Hanubun meninjau lokasi pembangunan pelabuhan feri di Desa Wearlilir, Senin (19/11) lalu.

Dalam kunjungan itu, bupati didampingi Asisten I, kepala Dinas Perhubungan, kepala Dinas PUPR, camat Kei Kecil dan perwakilan ASDP Tual.

Bupati meminta agar konsultan dan pihak terkait segera menyelesaikan uji kelayakan lokasi untuk percepatan pembangunan pelabuhan.

Hanubun menyebutkan lahan yang disediakan belum cukup karena pembangunan infrastruktur penunjang perhubungan laut tersebut, tidak hanya untuk pelabuhan, namun juga direncanakan pembangunan sub terminal.

"Lahan dua hektar itu belum cukup dan perlu penyiapan kompensasi kepada masyarakat dalam menunjang kebutuhan masyarakat sekitar, seperti tempat usaha, yakni toko dan tempat-tempat berdagang guna menunjang pendapatan mereka," sebutnya.

Menurutnya, ke depan dengan adanya pelabuhan ini akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi maupun pendapatan masyarakat setempat. "Dengan tersedianya fasilitas pelabuhan tentunya meningkatkan peningkatan pertumbuhan ekonomi maupun pendapatan masyarakat setempat," tuturnya.

Bupati juga mengingatkan Kepala Dinas PUPR Malra, Anna Yunus agar tidak boleh ada pembangunan sebelum penyelesaian uji kelayakan serta administrasi antara pemilik tanah dan pemerintah daerah. (KTL)

Penulis:

Baca Juga