Sekilas Info

Pengelolaan Perikanan Membutuhkan Data

Thaher Hanubun

KABARTIMURNEWS.COM, LANGGUR - Pengelolaan potensi sumberdaya perikanan untuk pembangunan di Kabupaten Maluku Tenggara sangat membutuhkan data dan informasi yang akurat.

"Sesuai dengan spesifikasi orientasinya pada pesisir laut, maka sebagai dukungan terhadap pengelolaan sumber daya perikanan sangat membutuhkan data dan informasi potensi sumber daya perikanan," ujar Bupati M. Taher Hanubun dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Setda Kabupaten Maluku Tenggara, Abdul Hamid Ingratubun pada pembukaan konsultasi publik kajian potensi sumber daya kelautan dan perikanan di aula kantor bupati, kemarin.

Data maupun informasi potensi sumberdaya kelautan dan perikanan sangat bermanfaat dalam penentuan kebijakan pemanfaatan potensi serta investasi. "Di mana kebijakan ini penting didasarkan pada strategi pengelolaan dan profil investasi yang menjadi dasar pengelolaan seluruh potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Maluku Tenggara," jelas bupati.

Melalui revisi kajian potensi sumber daya kelautan dan perikanan Kabupaten Maluku Tenggara tahun 2018 pada daerah pengelolaan perikanan wilayah Kei Kecil yang meliputi enam kecamatan agar dapat mengidentifikasi seluruh potensi sumberdaya perikanan di daerah itu. "Isu-isu dan permasalahan pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan, sosial ekonomi masyarakatnya serta rekomendasi pengembangan dan pengelolaannya meliputi informasi ekosistem pesisir, sumberdaya ikan, sumberdaya fauna dan flora, potensi perikanan budidaya dan perikanan tangkap, pariwisata bahari," jelasnya.

Menurutnya data yang dihasilkan merupakan potensi sumberdaya kelautan dan perikanan Kabupaten Maluku Tenggara yang akan menjadi dasar pengambilan kebijakan sektor perikanan.

Ide dan gagasan melalui kegiatan kajian potensi kelautan dan perikanan tersebut sejalan dengan salah satu dari Program 11 M yang merupakan program strategis pembangunan daerah lima tahun sebagai penjabaran dari visi misi pembangunan Kabupaten Maluku Tenggara, yakni mengembangkan sekor perikanan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan melalui optimalisasi perikanan tangkap dan budidaya dari hulu sampai hilir diharapkan mampu mewujudkan harapan bersama. (KTL)

Penulis:

Baca Juga