Sekilas Info

Bupati: Persentase Penduduk Miskin Mampu Ditekan

Istimewa/Kabartimur
LKPJ BUPATI: Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Malra di DPRD Malr, pekan kemarin.

KABARTIMURNEWS.COM,LANGGUR- Bupati Maluku Tenggara, Anderias Rentanubun menuturkan persentase penduduk miskin di daerah itu mampu ditekan oleh pemerintah daerah.

“PADA tahun 2013 persentase penduduk miskin di Maluku Tenggara sebesar 25,06 persen mampu ditekan menjadi 24,81 persen di tahun 2017,” sebut Rentanubun saat menyampaikan Nota Pengantar LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara periode 2013-2018 dalam sidang paripurna di DPRD Maluku Tenggara, pekan kemarin.

Dalam rangka pencapaian prioritas angka kemiskinan berbagai program telah dilaksanakan, baik yang sifatnya meringankan beban hidup masyarakat, memberdayakan dan mendorong munculnya semangat kewirausahaan.

Antara lain penyaluran beras sejahtera, penanganan PMKS mencapai 3.249 orang, rehabilitas rumah layak huni sejumlah 158 unit oleh Dinas Sosial dan 3.097 unit melaui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertahanan.

Pelaksanaan program keluarga harapan menjangkau 11.871 kepala keluarga. ”Sedangkan untuk pemberdayaan telah dilakukan penyaluran bantuan kepada 11 kelompok usaha bersama, pemberdayaan anak putus sekolah, pemberdayaan wanita rawan sosial ekonomi dan pemberdayaan fakir miskin,” sebut bupati.

Atas penyelenggaraan tersebut, pada tahun lalu, Maluku Tenggara berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Sosial sebagai daerah berkinerja baik dalam pengelolaan keuangan daerah, pelayanan dasar publik serta ekonomi dan kesejahteraan. (KTL)

Penulis:

Baca Juga