Sekilas Info

MTH-PB Unggul di Malra, AMAN Pawai di Tual

Ist

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Muhammad Taher Hanubun-Petrus Beruatwatin, klaim unggul di Pilkada Kabupaten Maluku Tenggara. Sementara, Adam Rahayaan-Usman Tamnge menggunguli dua pasangan lainya di Pilwakot Tual. Dua pasangan ini optimis menang di dua daerah bertetangga itu.

Ketua tim pemenagan Hanubun-Beruatwarin, Meki Rumthe mengatakan, hingga Rabu kemarin, suara sah disejum;ah kecamatan belum masuk di posko pemenangan. ‘’Memang suara belum masuk semuanya. Ada suara dari beberapa kecamatan belum masuk,’’kata Rumthe ketika dihubungi Kabar Timur, kemarin.

Dia mengaku, suara sah belum masuk dari Kecamatan Utara Timur, Kecamatan Kei Besar Tengah, Kei Besar Utara Barat. Kei besar Selatan Barat, dan Kei Kecil.’’Sebagian suara di sejumlah kecamatan belum masuk semuanya. Baru sebagian suara yang masuk. Memang suara yang masuk dan belum itu suara yang diraih pasangan kami merata ,’’jelasnya.

Kendati begitu, dia mengaku, berdasarkan suara sah yang masuk di posko kemenangan Hanubun-Beruatwarin yang disapa MTH-PB, pasangan itu unggul.’’MTH-PB meraih 52 persen suara. Utha Savsavubun-Rahman Matdoan (UTAMA), meraih 29 persen. Angki Renyaan-Hamzah Rahayan (AMANAH), 18 persen,’’paparnya.

Terpisah, Utha Savsavubun ketika dihubungi enggan berkomentar soal perolehan suara yang diraih. Menurut dia, data suara yang masuk belum mencapai 50 persen. ‘’Kita belum komentar. Data yang masuk belum 50 persen. Nanti kita publikasi kalau data sudah masuk diatas 50 persen,’’kata Utha.

Sementara itu, salah satu tim pemenangan Adam Rahayaan-Usman Tamge, Amir Rumra mengatakan, pasangan Rahayaan-Tamge meraih suara sah, sebanyak 13 ribu dari 24 ribu suara yang masuk.’’Pasangan AMAN unggul di Kota Tual. AMAN menang. Masa AMAN sementara pawai,’’kata Rumra ketika dihubungi Kabar Timur, kemarin.

Soal perolehan suara pasangan lainya, ketua Fraksi PKS DPRD Maluku ini memaparkan, Adli Bandjar-Fadila Renwarin (ADIL), suara yang masuk sebanyak 7 ribu suara. ‘’Yunus Serang-Sin Balubun (SERASI) meraih 4 ribu suara. Kita optmis menang jauh. Baru total suara 40 persen yang masuk,’’terangnya.(KTM)

Penulis:

Baca Juga