PDIP-PPP Dapil Buru-Bursel “Berpotensi” Raih Dua Kursi

KABARTIMURNEWS.COM.AMBON - PDI-Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), telah memastikan meraih satu kursi ke “senayan” Karang Panjang.

Lima kursi DPRD Provinsi atau “senayan” Karang Panjang, Maluku, dari Dapil Buru dan Buru Selatan (Bursel), dua kursi sudah dipastikan diraih, masing-masing: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan PPP. Bahkan, kedua partai ini menyebutkan, memiliki peluang meraih dua kursi dari Dapil tersebut.

Muhammad Akmal S. Soulisa, Caleg PDIP Dapil Buru-Buru Selatan memastikan dirinya meraih satu kursi dari lima kursi yang diperebutkan.

Menurut politisi muda, partai besutan Megawati Soekarno Putri ini, telah mencatat perolehan suara dari pelbagai TPS yang terkumpul sebanyak: 21 ribu, lebih.

“Insya Allah, satu kursi PDIP untuk DPRD Maluku, dari Dapil Buru-Bursel,” kata Akmal menjawab Kabar Timur, ketika dihubungi, via telepon selulernya, Minggu, tadi malam, singkat.

“Setelah direkap Timnya, total suara personal, saya di Dapil Buru-Bursel, sebanyak 21 ribu lebih. Ini belum termasuk jumlah suara-suara dari Caleg separtai lainnya,” bebernya.

Informasi lain, yang dihimpun Kabar Timur menyebutkan, selain, satu kursi aman untuk PDIP,  satu kursi lainnya yang sudah aman berdasarkan perolehan suara yang terkumpul yakni: PPP.

Amannya, satu kursi DPRD Provinsi di Dapil Buru-Buru Selatan, juga dibenarkan, Ketua Wilayah PPP Maluku, Aziz Hentihu, dihubungi Kabar Timur  terpisah via telepon selulernya, tadi malam.

Dia mengaku, Parpol yang dipimpinnya, punya peluang terbuka meraih dua kursi dari Dapil tersebut. Hanya saja, dia menolak merinci hasil perolehan suara yang sementara telah dikumpulkan timnya. “Kita tunggu semuanya terkumpul dulu,” singkat politisi PPP Maluku ini.

Informasi lain yang dihimpun Kabar Timur menyebutkan, PDIP-PPP sejumlah Parpol lainnya, seperti PKS, PKB dan NasDem berpeluang meraih sisa kursi yang diperebutkan.

“Masih ada PKS, PKB, NasDem dan Golkar. Kemungkinan diantara Parpol ini juga punya peluang meraih kursi,” kata salah satu anggota penyelenggara Pemilu, di Kabupaten Buru, yang dihubungi terpisah, tadi malam.

Dia juga tidak menampik, posisi satu kursi untuk PDIP dan PPP sudah aman dari Dapil Buru-Buru Selatan, lantaran perolehan suara dari kedua Parpol itu, sudah melebihi angka pembangi untuk satu kursi.

“Jadi kalau untuk, PDIP dan PPP sudah aman untuk satu kursi, karena perolehan suara saat ini, sudah penuhi angka pembagi untuk satu kursi. Apakah, kedua Parpol ini salah satunya akan meraih dua kursi, kita tunggu saja hasil akhirnya,” beber dia.

Yang pasti, lanjut dia, kedua Parpol ini, memiliki peluang yang sama. “Artinya, kedua-duanya (PDIP-PPP), punya peluang dan potensi salah satunya meraih dua kursi,” tutup dia. (KT)

Komentar

Loading...