Kodam Aksi Bersih Pantai Sambut Hari Juang TNI AD

KABARTIMURNEWS.COM.AMBON - Komando Daerah Militer (Kodam) XVI Pattinura menggelar aksi bersih pantai dalam rangka menyambut Hari Juang  ke-78 TNI AD pada 15 Desember 2023.

"Karya bakti pembersihan pantai dan Daerah Aliran Sungai, dilakukan di beberapa tempat sekitar Kota Ambon yaitu, di Pantai Tapal kuda, Sungai Gudang Arang, Sungai Batu merah, Pantai Belakang Denzipur 5/CMG, sungai dan Pantai JMP. Adapun sampah yang dibersihkan yaitu, sampah plastik dan non plastik," ucap Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi di Ambon, Maluku, Kamis.

Kasdam mengatakan kegiatan tersebut sebagai wujud nyata kehadiran TNI AD di tengah masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal warga.

"Apalagi Kota Ambon sendiri dikelilingi gugusan pantai yang luas nan indah. Sayang jika pantai yang bisa kita nikmati keindahannya ini tidak dirawat dengan baik," katanya.

Kegiatan aksi bersih pantai dan daerah aliran sungai itu melibatkan personel TNI AD dibantu masyarakat sekitar.

"Menjaga lingkungan bukan hanya tugas petugas kebersihan atau dinas terkait, akan tetapi ini menjadi tanggungjawab seluruh masyarakat. Oleh sebab itu TNI hadir sebagai contoh di tengah masyarakat," tuturnya.

Selain menggelar aksi bersih pantai dan Daerah aliran sungai, dalam menyambut hari juang TNI AD pihaknya juga melakukan serangkaian kegiatan bakti sosial yaitu donor darah, santunan dan paket sembako kepada veteran, warakawuri dan anak yatim piatu, doa bersama lintas agama, hingga ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapaha Ambon.

Untuk kegiatan doa bersama lintas agama, dilakukan di masjid Al-Ittihat belakang kota, Gereja Ignatius Selamat Riyadi Denkav 5/BLC dan Pura Surayuda Mandala Denkav 5/BLC.

Hal ini dilakukan, agar seluruh prajurit dan keluarga besar TNI AD baik yang ada didaerah penugasan luar negeri maupun daerah perbatasan, daerah rawan konflik, daerah pulau-pulau terluar selalu diberikan kesehatan, bimbingan, petunjuk dan perlindungan-Nya.

"Selain itu juga, doa bersama ini sebagai pendorong semangat dan motivasi dalam hal meningkatkan kemampuan untuk berbuat yang terbaik, tulus dan ikhlas dalam menjalankan tugasnya," kata dia.

Sementara itu, kegiatan ziarah rombongan dilaksanakan di TMP Kapahaha Ambon, yang dipimpin oleh Kapoksahli Pangdam Brigjen TNI Syaipul Mukti Ginanjar, yang diikuti para asisten Kasdam, para Dansat dan Kabaldam XVI/Pattimura serta personil Kowad yang ada diwilayah Ambon, untuk mengenang jasa para pejuang yang telah gugur mendahului. (AN/KT)

Komentar

Loading...