KPU Maluku Monitoring Pencetakan Surat Suara Pemilu 2024

Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku melakukan monitoring pencetakan surat suara di salah satu perusahaan pencetakan surat suara di kawasan Gresik, Provinsi Jawa Timur (Jatim) untuk persiapan Pemilu 2024.

"Kita sementara melakukan monitoring produksi surat suara untuk Pemilu tahun 2024," kata Ketua KPU Provinsi Maluku Syamsul Rifan Kubangun, Ambon, Senin.

Menurutnya, pencetakan yang kini sementara dilakukan yakni untuk surat suara calon legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, serta DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Rifan mengaku belum bisa memastikan kapan pencetakan surat suara selesai, karena sampai hari ini produksi masih terus berlangsung.

"Nanti setelah pencetakan, kemudian dibungkus, barulah didistribusikan ke Maluku. Tapi kami belum bisa pastikan kapan. Nanti kita tanya lagi, karena sementara produksinya masih berlangsung," ujarnya.

Sebelumnya, KPU Maluku telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Maluku pada Pemilihan Umum 2024 sebanyak 1.341.012 orang.

Jumlah ini tersebar pada 11 kabupaten/kota di Maluku. Rinciannya 658.058 orang pemilih laki-laki dan 682.954 orang perempuan.

Sementara Dari sebanyak 741 bakal calon yang didaftarkan 18 parpol, hanya 718 yang dinyatakan lolos. 23 bacaleg lainnya tidak memenuhi syarat (tms) atau tersingkir dari daftar calon sementara (dcs), sehingga KPU hanya menetapkan 714 caleg yang masuk daftar calon tetap (dct). (AN/KT)

Komentar

Loading...