Polisi Kawal Pendistribusian Bilik Suara Pemilu

KABARTIMURNEWS.COM.AMBON - Aparat kepolisian terus mengawal ketat proses pendistribusian bilik suara pemilu tahun 2024. Pengawalan dilakukan Sabtu (11/11).

Kegiatan dilakukan di Lapangan Pembongkaran Kontener Pelabuhan Yos Sudarso Ambon. Mulai dari  pendistribusian isi muatan kontener bilik suara Pemilu 2024, dilaksanakan oleh Expedisi PT Azza Expres Logistik, sementara expedisi penerima di Ambon, yaitu expedisi Anhar.

Kasi Humas Polesta Pulau Ambon dan Pp Lease, Ipda Janete S Luhukay menjelaskan, bilik Suara Pemilu 2024 ada pada kontener pelayaran PT Spill 40 Fiits dengan Nomor SPNU 464387 (5). Sedang yang berikut, Nomor SPNU 465510 (9).

Proses pengamanan dilakukan dalam rangka  pendistribusian bilik suara, sebelum dikirim ke kabupaten dan Kota. Dengan rincian, Kabupaten Maluku Tengah 4.948 Bilik Suara = 495 Koli, Kabupaten Buru Selatan, 1.032 Bilik Suara = 104 koli, dan Maluku Barat Daya (MBD) 1.172 Bilik Suara = 118 Koli.

Kasi Humas menjelaskan, pendistribusian bilik suara untuk Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dilaksanakan pukul 09.41 Wit. Yakni dari kontener dengan nomor SPNU 464387 (5) ke mobil truck berupa bilik suara sebanyak 40 pcs, 1 pcs isi 10 biji.

Kemudian dilanjutkan pada kontener SPNU 465510 (9), dengan bilik suara sebanyak 64 pcs, 1 pcs isi 10 biji. Sehingga total keseluruhan 104 koli yang diangkut mobil truck nomor Polisi DE 8071 QU, yang  dikerjakan oleh buruh expedisi Krespek PT Pelni.

Lama pemuatan kotak suara dari  kontener ke mobil truck kurang lebih 35 menit. Sedangkan bilik suara untuk Kabupaten Bursel dibawa ke KPU Bursel, ini dikawal oleh 2 petugas Pers Dit Samapta Polda Maluku  Aipda H.D. Salhuteru, dan Bripda Fadil Muhammad.

Kasi Humas menambahkan, untuk pendistribusian bilik suara pemilu ke kabupaten Malteng masih menunggu kelengkapan dokumen.

"Untuk pendistribusian bilik suara  Kabupaten MBD menunggu keberangkatan Kapal Pelni KM Sabuk Nusantara 87. Direncanakan pada 15 November 2023," jelas Kasi Humas.

Untuk diketahui, pendistribusian bilik suara mendapatkan pengamanan oleh Pers Dit Intelkam Polda Maluku, Pers Dit Lalulintas Polda Maluku, Pers Humas Polda Maluku, Pers Samapta Polresta Pulau Ambon, Pers Sat intelkam Polresta Ambon, Pers Humas Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, serta Pers Polsek KPYS Ambon.

Kasi Humas menjelaskan saat kegiatan pendistribusian bilik suara dari kontener ke mobil truck dihadiri  Kapolsek KPYS Ambon Iptu Julkisno Kaisupy. Kemudian Waka Polsek KPYS Ambon Ipda Bobby Dethan, KBO Samapta Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease Ipda Burhan Nawir, Kawas OPS Polresta Pulau Ambon Ipda Anny. H dan Kasubag Satgas Peliputan Polda Maluku Ipda M. Luhukay.(KTA)

Komentar

Loading...