Pemprov Jamin Kesejahteraan Mahasiswa Maluku di Malang

KABARTIMURNEWS.COM.AMBON - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku memastikan mahasiswa daerah itu yang melanjutkan studi di Malang, Jawa Timur mendapat perhatian penuh dari pemerintah selama masa studi dengan membentuk organisasi mahasiswa Maluku di kota pendidikan itu.

"Pembentukan Persatuan Mahasiswa Maluku Malang Raya (PMMR) bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi dan kesejahteraan Maluku di Kota Malang yang berfokus pada penyediaan informasi potensi Maluku untuk digunakan sebagai informasi data," ucap Kepala Badan Penghubung Provinsi Maluku Saiful Indra Patta dalam keterangan yang diterima di Ambon, Senin.

Pembentukan organisasi tersebut merupakan hasil kegiatan focus group discussion (FGD) dengan mahasiswa Maluku di Kota Malang bersama tokoh masyarakat, dan LSM Maluku di Kota Malang.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengoptimalkan peran serta fungsi ormas, mahasiswa maupun LSM dalam pembangunan daerah Maluku, karena dinilai memiliki peran strategis dalam memajukan kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara untuk dapat meningkatkan kemitraan yang bersinergi dan efektif dalam penyelenggaraan kerja sama pemerintah daerah.

"Mahasiswa memiliki peran penting dalam menciptakan terbangunnya kontribusi yang signifikan untuk dapat memecahkan berbagai persoalan, baik menyangkut pembangunan, sosial serta berunsur kemasyarakatan majemuk," tuturnya.

Ia menambahkan pemuda atau mahasiswa dan LSM, mengemban tugas untuk meneruskan kelanjutan hidup berbangsa dan bernegara.

"Pemerintah menaruh harapan besar kepada saudara-saudara, yang memiliki semangat yang tinggi dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat Maluku yang kita cintai," katanya.

Sementara itu, perwakilan mahasiswa Maluku di Malang Faiz menyampaikan tentang pentingnya konsep rumah bersama yang dapat dijadikan fungsi kesekretariatan untuk mengakomodasi seluruh kegiatan anak negeri Maluku di Malang Raya.

Menurutnya, dengan adanya rumah bersama dapat difungsikan sebagai perpanjangan dari program-program Pemerintah Daerah Maluku untuk dapat menjalankan penyebaran promosi di luar daerah, khususnya di Malang Raya.

“Ke depan program – program yang dilakukan diharapkan menjadi representasi Provinsi Maluku secara mikro dalam cakupan seni, budaya, kuliner, bahari, serta teknologi dan informasi," ucapnya. (AN/KT)

Komentar

Loading...