Jokowi Dijadwalkan Buka Kongres PWI

KABARTIMURNEWS.COM.BANDUNG - Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka secara resmi Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang akan melibatkan ribuan peserta dari 38 provinsi se-Indonesia di lokasi utama di Kota Bandung pada 24-26 September 2023.

Ketua panitia Kongres XXV PWI Marten Selamet Susanto menyampaikan ada perubahan tempat pembukaan dari semula kongres akan dibuka di Kota Bandung, kini rencananya dialihkan di Istana Negara, Jakarta pada 25 September 2023.

"Presiden karena sibuk, pembukaannya itu besok dilakukan di Istana Negara. Jadi rombongan dari Bandung ke Jakarta," ucap Selamet saat dihubungi di Bandung, Minggu (24/9).

Meski demikian, dia mengatakan peserta lainnya juga dapat melihat pembukaan Kongres XXV tersebut secara daring yang terpusat di eL Royale Hotel Bandung.

"Ada 180 orang yang hadir di Istana Negara yakni perwakilan provinsi dan pengurus PWI Pusat, tetapi yang di Bandung bisa melihat," katanya.

Dia menjelaskan setiap cabang PWI provinsi berhak mengirimkan tiga perwakilan sebagai peserta kongres, dan maksimal lima peninjau, serta pengurus lainnya sebagai penggembira.

Karena di luar peserta kongres, ada peninjau di masing-masing provinsi lima selain peserta yakni peninjau dan juga penggembira istilahnya," ujarnya.

Selamet menyebut dalam kongres pada edisi kali ini, dipastikan sekitar 700 hingga 1.000 orang dari 38 provinsi hadir dalam Kongres XXV yang akan digelar hingga 26 September 2023.

Selain itu, dia menyampaikan dalam kongres yang digelar lima tahun sekali itu, selain merumuskan penyempurnaan AD/ART di dalam organisasi, akan ada pemilihan ketua dan pengurus terpilih.

“Tujuan dari kongres pemilihan pengurus PWI pusat masa periode lima tahun 2023-2028 pengurus itu lengkap dari mulai ketua umum, dewan penasehat, dewan kehormatan, “ kata dia.

Hingga saat ini dia mengatakan sudah ada beberapa nama calon yang sudah mendeklarasikan diri sebagai calon Ketua Umum PWI Pusat. Namun, nama-nama tersebut baru akan ditentukan saat kongres berlangsung.

“Pimpinan sidang nanti menanyakan calon mendapat dukungan dari siapa saja, nanti ada ketentuan berapa persen dukungan dari provinsi, kalau memenuhi syarat bisa ditetapkan sebagai calon, kalau enggak ya gagal gitu. Semua ditentukan di kongres nanti,” katanya.

Terlepas dari siapa yang akan terpilih nanti, Selamet berharap pada Kongres XXV yang digelar pada tahun ini bisa berlangsung dengan aman dan sukses untuk kemajuan bagi insan pers di Indonesia. “Kongres bisa dilaksanakan lancar sukses terpilih ketua untuk periode berikutnya itu aja berlangsung aman tidak ada gejolak yang berarti,” kata Selamet.

Rangkaian Kongres PWI XXV ini diawali dengan welcome dinner di Gedung Sate, dengan para wartawan dan pengurus PWI yang dipimpin oleh Attal S Depari tersebut disambut langsung oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja.

"Kami harap acara ini berjalan sukses dan lancar untuk memberikan kontribusi yang lebih baik pada Indonesia," ucap Setiawan. (ROL)

Komentar

Loading...