Tujuh Mahasiswa Ambon Jadi Lulusan Terbaik di Jepang

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON, - Tujuh mahasiswa asal Kota Ambon, yang mengikuti Program Beasiswa Study and Work (S&W) in Japan (Negara Jepang), menjadi lulusan terbaik wisuda S1 (Cohort 1) tahun 2021, ungkap Koordinator Kerjasama Pendidikan/Beasiswa Study and Work in Japan, Rohny Maail kepada wartawan, Rabu (24/3).

Dia mengaku, ke tujuh mahasiswa asal Kota Ambon tersebut meraih sukses studi di negara orang dalam kurun waktu empat tahun.

Ke-tujuh mahasiswa itu, antara lain: Herry Lesimanuaya (Osaka-Kanzai University), Berry Samusamu (Ritzuimekan-Asia Pacific University), Muhamad Nuryadi, Ara Weringkukly, Maurits Tobing dan Afrizal Firdaus (Ashikaga University) dan Diana Loupatty (Gunma Pazu University).

Menurutnya, apa yang dicapai tujuh mahasiswa tersebut sangat membuat semua pihak termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon khususnya, dan Pemerintah Maluku umumnya merasa terkesan dan bangga.

“Kami terkesan perjuangan dan kerja keras anak-anak Ambon yang memulai kiprahnya dengan mengikuti kursus bahasa Jepang selama 1,5 tahun secara intensif di beberapa kota di Jepang, sampai kepada perjuangan kuliah mereka di Universitas masing-masing dalam kurun waktu tepat empat tahun,” ungkap Maail.

Lebih lanjut, dia mengatakan, program Beasiswa Study and Work in japan tersebut, bertujuan menghasilkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Ambon, yang handal dalam kompetensi keilmuan.

“Selain ilmu pengetahuan serta penguasaan terhadap bahasa Jepang, mahasiswa juga dilatih untuk memiliki jiwa mandiri serta menjadi pekerja keras, mengingat program beasiswa ini tidak hanya untuk study, tetapi juga work (kerja), seperti yang kita tahu tentang budaya kerja keras dan disiplin di negara sakura sana,” akunya.

Dengan karakter positif yang terbentuk tersebut, tambah dia, diharapkan anak-anak ini dapat mengabdi dengan baik dalam lingkup kerjanya nanti, serta mampu menjadi contoh dan teladan bagi rekan-rekannya.

“Diharapkan mereka mampu jadi agen-agen perubahan, agar hal itu dapat dijadikan sebagai ungkapan terimakasih atas bantuan dan dukungan Pemerintah Kota Ambon dan seluruh masyarakat kota Ambon selama masa studi mereka di Jepang, “ tutupnya. (KTE)

Komentar

Loading...