19.533 Warga Ambon Telah Divaksin

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON-Juru bicara Satgas COVID-19 kota Ambon, Joy Adriaansz menyatakan, hinggga 22 Maret 2021 sebanyak 19.533 warga setempat telah menjalani vaksinasi COVID - 19.

“Penerima vaksin terdiri dari warga lanjut usia (lansia) 5.482 orang, tenaga pendidik 4.920, tokoh agama 225, pegawai BUMN 943, tenaga kesehatan (nakes) 4.954, anggota TNI/Polri 1.945, ASN, 1.069, pedagang 887, sopir 332, dan wartawan 31 orang,” katanya, di Ambon, Senin..

Dia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi massal yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berjalan dengan baik pada sejumlah lokasi dengan ketersediaan vaksin.

Kegiatan vaksinasi massal dipusatkan di Sporthall Karang Panjang, juga dilaksanakan di Puskesmas, instansi pemerintahan dan pasar yang menyasar para pedagang dan supir angkutan kota.

Ia mengakui, vaksin yang disuntikan aman bagi masyarakat, karena hingga saat ini belum ada laporan dampak ikutan setelah vaksinasi. Sejauh ini katanya, belum ada laporan dampak ikutan setelah vaksinasi yang mengkhawatirkan. Kalau reaksi pusing dan sakit di bagian lengan yang disuntik merupakan hal yang biasa.

“Ada juga warga yang takut atau trauma jarum suntik sehingga berdampak secara psikologis, tetapi hanya sebagian kecil saja. Jadi vaksinasi ini sepenuhnya aman,” ujar Joy. Pemkot Ambon, terus mendorong warga yang masuk sebagai prioritas penerima vaksin, dapat segera mendaftar dan mengikuti vaksinasi pada Puskesmas terdekat.

Menurutnya, semakin banyak warga kota yang menerima vaksinasi, semakin cepat terbentuk kekebalan kelompok. “Makin banyak yang divaksinasi, semakin banyak yang terlindungi dari penyebaran COVID-19,” kata Joy.

Ia mengemukakan,  pelaksanaan vaksinasi massal menjadi perhatian pemerintah pusat, dijadwalkan pada Kamis (25/3/2021), Presiden Joko Widodo akan meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di RSUP dr. Leimena Ambon.

“Salah satu agenda kunjungan Presiden adalah untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi terlaksana dengan baik dan lancar, karena itu mari kita terus dukung vaksinasi untuk menekan penyebaran COVID- 19,” tandas Joy. (AN/KT)

Komentar

Loading...