Polri Siap Amankan Pilkada Serentak

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Polda Maluku siap mengamankan Pilkada serentak 2020 di empat kabupaten. Personel Polri telah diberikan penguatan ilmu serta mengatensikan kepada jajarannya agar netral dalam pengamanan Pilkada serentak 2020 di Maluku. 

“Personel Polri tetap siap. Kami hanya berharap tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat pemungutan suara, perhitungan suara hingga penetapan hasil suara nanti,” kata Kapolda Maluku, Irjen Pol. Refdi Andri saat menerima kunjungan komisioner KPU Maluku di Mapolda Maluku, Ambon, Senin (30/11). 

Dalam pertemuan tersebut, Kapolda didampingi Karo Ops Polda Maluku, Dir Intelkam Polda Maluku dan Kabid Dokkes Polda Maluku. 

Rombongan KPU dipimpin Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun. Kehadiran penyelenggara pemilu itu untuk bersilaturahim sekaligus mengkoordinasikan terkait pengawalan dan pengamanan Pilkada serentak 9 Desember 2020. 

“Kita datang untuk bersilaturahim sekaligus koordinasi dengan Pak Kapolda dalam mengamankan Pilkada 9 Desember 2020 mendatang,” kata Kubangun. 

Dia berharap, dengan pengawalan kepolisian, Pilkada serantak di kabupaten Seram Bagian, Maluku Barat Daya, Kepulauan Aru dan Buru Selatan berjalan aman, lancar, damai dan sukses. 

APEL PASUKAN

Brimob Polda Maluku menggelar apel kesiapsiagaan serta gelar kendaraan dan peralatan pengamanan Pilkada serentak 9 Desember 2020. 

Sebanyak 200 personel mengikuti apel kesiapsiagaan yang dipimpin Dansat Brimob Polda Maluku AKBP M. Guntur itu di lapangan Letkol (P) Chr. Tahapary Polda Maluku, Ambon, Senin (30/11) 

Guntur mengatakan, apel ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel dan kendaraan yang akan dilibatkan dalam pengamanan proses Pilkada serentak di Provinsi Maluku.

“Kita cek kesiapan personel. Pasukan brimob harus siap diri dan fisik. Sudah lebih awal juga kita gelar latihan-latihan guna meningkatkan kemampuan personel dalam mengantisipasi terjadinya huru-hara pada Pilkada serentak,” kata Guntur. 

Dia berharap pesta demokrasi lima tahunan di empat kabupaten di Maluku berlangsung aman dan damai. Guntur tegaskan, personel Brimob yang dikerahkan untuk mengawal proses ini akan bekerja sesuai dengan aturan dalam institusi Polri.

“Personel akan dikerahkan ke empat daerah untuk mengawal pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan damai,” ujar dia.

Guntur juga memerintahkan seluruh jajaran Satuan Brimob Polda Maluku di wilayah Pulau Ambon dan di luar Pulau Ambon untuk melakukan dan meningkatkan K2YD (Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan). 

“Dan yang menjadi sasaran ialah warga masyarakat Kota Ambon dan para mahasiswa guna memberikan pemahaman positif agar tidak terprovokasi dengan isu-isu yang beredar saat ini,” kunci Guntur. (KTY)

Komentar

Loading...