Pasien Positif COVID-19 di Malut Meroket

KABARTIMURNEWS.COM. AMBON - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku Utara menerima hasil pemeriksaan Tes Cepat Molokuler (TCM) RSU Chasan Boesoerie Ternate delapan spesimen dengan hasil empat orang positif, sehingga total 81 orang positif COVID-19.

"Kami telah menerima hasil pemeriksaan melalui tes cepat molekuler di RSU Chasan Boesoerie Ternate delapan spesimen dan dari delapan orang dengan hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif empat orang dari sebaran Kota Ternate, sehingga kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Malut bertambah menjadi 85 orang," kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf,M.Kes pada konferensi pers di Sahid Bella Hotel Ternate, Jumat.

Selanjutnya, empat kasus baru ini terkonfirmasi positif COVID-19 di Malut ini disebut sebagai kasus 81 sampai dengan 85.

Alwia menyebut, untuk jumlah kasus sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium untuk pengobatan yang sudah diterima, dimana telah dinyatakan sembuh empat orang setelah dilakukan dua kali pemeriksaan follow up dengan hasil negatif dengan rincian, satu pasien 09 Ternate dinyatakan sembuh setelah dua kali memeriksaan kemudian 2 pasien 04 dan 05 ini sebenarnya sudah pernah dinyatakan sembuh begitu juga yang 04 dari Tidore yang pernah heboh mau pulang.

Selain itu, dalam pengawasan pada hari ini, pihaknya menyatakan ada pengurangan sebanyak dua orang karena terkonfirmasi positif di Ternate ada penambahan, tetapi keduanya ini ada kontak pasien positif waktu di RSU Chasan Boesoerie yang viral dengan main bola, kemudian ditahan oleh dokter penanggung jawab dan kemudian menunggu hasilnya, sehingga hasil swab-nya negatif sehingga keduanya dipulangkan.

Kemudian, ditambah stu pasien sembuh yaitu Zamroni yang dari Halut, merupakan pasien asal Demak Jawa tengah telah sembuh bersama satu orang pasien 09 dari Toboleu Kota Ternate, sehingga secara keseluruhan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan sembuh menjadi 12 orang dan meninggal tiga orang.

Gugus Tugas menyebut, untuk pemeriksaan rapid test sampai hari ini dilaksanakan pemeriksaan pada 3.277 orang didapatkan 172 reaktif yaitu 74 Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pengawasan 44 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) enam orang dan 48 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit, sedangkan 3105 hasil non reaktif.

"Untuk saat ini, menjalani perawatan di RSU Chasan Boesoerie Ternate ada 24 orang, 22 kasus positif COVID-19 termasuk yang konfirmasi Demak, satu PDP dan satu orang ODP dan saat ini, menjalani karantina di Sahid Hotel Ternate sebanyak 55 orang dengan rincian 31 pasien terkonfirmasi positif COVID-19, OTG 17 orang, dua orang PDP dan 5 pelaku perjalanan," ujarnya. (AN/KT)

Penulis: ANTARA