7 Anggota Lanud Pattimura Negatif Corona

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- 7 anggota Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Pattimura/Ambon, diperiksa menggunakan Rapid Test. Hasilnya negatif atau tidak terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Pemeriksaan yang menggunakan Rapid Test metode serologi atau pengambilan sampel darah itu berlangsung di Siekes Lanud Pattimura, Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Senin (13/4).

Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan, mengatakan, pemeriksaan menggunakan Rapid Test digelar untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran Covid-19.

Pemeriksaan tersebut diharapkan dapat membebaskan personel maupun lingkungan di Markas Lanud Pattimura  dari infeksi wabah virus mematikan tersebut.

Selain itu, juga sebagai upaya untuk menekan penyebaran Corona. Sebab, hingga saat ini kasus tersebut telah mencapai angka 4.000 lebih di Indonesia.

Menurutnya, prosedur pemeriksaan berawal dari pengambilan darah. Kemudian dimasukan ke dalam alat centrifuge. Setelah itu cairan plasma dari darah diteteskan ke dalam alat Rapid Test. Selang waktu 15 sampai 20 menit, akan terbaca.

"Hasilnya apabila muncul 1 garis control maka hasil negatif, namun jika muncul 2 garis maka hasilnya positif,” tandasnya.

Terkait hasil pemeriksaan Rapid Test kemarin, Kepala Kesehatan Seksi Kesehatan Lanud Pattimura Letda Kes dr. Fahmi mengungkapkan sebanyak 7 personel yang diperiksa dinyatakan Negatif Covid-19 atau bebas dari Virus Corona.

"Test serupa akan dilaksanakan secara bertahap kepada seluruh personel Lanud Pattimura," sebutnya.

(KTC)