Sekilas Info

SKD CPNS Lingkup Pemprov Maluku Diagendakan Pada Februari

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Maluku, Jasmono mengatakan untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku Tahun 2019 diagendakan akan dilaksanakan pada Februari mendatang.

"Diagendakan itu pada 10 Februari mendatang setelah pelaksanaan SKD CPNS Kementerian/Lembaga. Karena jumlah peserta yang lolos ke tahapan SKD ini cukup banyak yakni sebanyak 7977 peserta, estimasi pelaksanaan SKD bagi CPNS Lingkup Pemprov Maluku kita agendakan selama 11 sampai 12 hari dimulai dari 10 Februari,"ungkapnya saat dikonfirmasi Selasa (21/1).

SKD CPNS Lingkup Pemprov Maluku ini akan dilaksanakan di UPT-BKN Karang Panjang Ambon.

Setiap harinya, peserta SKD akan dibagi dalam lima sesi. Dimana pada masing-masing sesi terdiri dari 140 peserta.

Nantinya, sebelum mengikuti SKD, peserta wajib melapor ke panitia. "Kan Id Card sudah bisa langsung di cetak lewat akun masing-masing peserta, nanti saat mau ikuti tes, peserta lapor ke panitia dan panitia akan memeriksa Id Card dan KTP untuk legalitas,"tandasnya.

Sebelumnya dijelaskan Jasmono, Passing grade atau nilai ambang batas SKD dan SKB seleksi CPNS 2019 diturunkan. Sebab berdasarkan hasil evaluasi nasional, banyak sekali daerah-daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota pada seleksi CPNS tahun sebelumnya tidak dapat memenuhi target formasi karena peserta tidak memenuhi passing grade yang ditentukan.

Penurunan nilai ambang batas berdasarkan Peraturan Menpan-RB Nomor 24 Tahun 2019 tentang nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar pengadaan CPNS tahun 2019.

"Untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) nilai ambang batas 126 dari sebelumnya 143. Tes Intelegensia Umum (TIU) tetap yakni 80, sementara Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) nilai ambang batas 65, turun dari sebelumnya 75. (passing grade) ini berlaku nasional,"terangnya.

Dia berharap tahun ini semua formasi terpenuhi karena perekrutan CPNS berkaitan dengan penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya aparatur bagi Pemerintah Provinsi Maluku.

Sekedar tahu, untuk penerimaan CPNS Tahun 2019 Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dibuka untuk 369 formasi jabatan dimana tercatat sebanyak 9.046 pelamar yang mendaftar dan 7.977 dinyatakan lulus Seleksi Administrasi dan berhak mengikuti SKD.

Dari jumlah tersebut, hingga masa pendaftaran ditutup terdapat 6 formasi jabatan yang tidak dilirik pelamar.

Rinciannya, dua formasi jabatan untuk Dokter Gigi yakni di RSUD dr. Haulussy Ambon dan Rumah Sakit Khusus Daerah Maluku, 1 formasi jabatan Guru Multimedia di SMK 1 Buru, 1 formasi jabatan Guru Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 1 Kairatu dan 1 formasi jabatan Teknisi Elektromedis di RSUD dr. Haulussy Ambon. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga