Sekilas Info

Puluhan Personil SAR Dibekali Pelatihan Dasar

KABARTIMURNEWS.COM,TERNATE - Puluhan personel Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) mengikuti pelatihan dasar dalam pelayanan dan tata cara pertolongan bagi korban yang terkena musibah di laut maupun darat.

"Peserta yang terlibat dalam latihan SAR daerah tersebut berjumlah 40 peserta diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam memberikan pertolongan kepada korban terkena musibah," kata Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba di Ternate, Minggu.

Kegiatan Latihan SAR Daerah yang dilaksanakan oleh Kantor Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Ternate ditutup oleh Bupati Kabupaten Halmahera Selatan Bahrain Kasuba, bertempat di Pelabuhan Babang.

Bahrain mengatakan, Pemkab Halsel mengapresiasi peserta yang telah sungguh-sungguh mengikuti pelatihan pencarian dan pertolongan ini.

"Harapan saya, melalui latihan pencarian dan pertolongan ini dapat menghasilkan semangat kemanusiaan, kesatuan dan pola pikir serta pola tindak yang sama untuk memberikan pelayanan pencarian dan pertolongan seoptimal mungkin," kata Bahrain.

Sementara itu, Kasubdit Siaga Dan Latihan Basarnas Nanang Sigit didampingi Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Basarnas Ternate Muhamad Arafah mengatakan pelatihan SAR ini dapat meningkatkan kapasitas anggota SAR sehingga jika suatu saat terjadi operasi maka mereka telah mengetahui apa yang mereka perbuat untuk melakukan misi kemanusiaan melalui SOP.

Sebelum melaksanakan penutupan, dilaksanakan simulasi kecelakaan kapal yang terjadi di Perairan Babang dan tim SAR gabungan kemudian melakukan operasi SAR penyelamatan kepada para korban di kapal tersebut. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga