Sekilas Info

Kementerian PUPR Kirim Rangka Bailey Untuk Perbaikan Jembatan Waikaka

KABARTIMURNEWA.COM,AMBON- Menindaklanjuti instruksi Presiden, Joko Widodo agar jembatan Waikaka di Desa Tala Kecamatan Amalatu, Kabupaten SBB segera diperbaiki, Kementerian PUPR mengirimkan rangka bailey.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas PUPR Provinsi Maluku, Ismail Usemahu saat dikonfirmasi Rabu (6/11).

Sebagaimana diketahui, jembatan Waikaka sangat strategis sebagai penghubung tiga kabupaten di Pulau Seram yakni Maluku Tengah, SBB dan Seram bagian Timur (SBT), sekaligus menjadi jembatan poros jalur lintasan trans Pulau Seram.

Dikatakannya, saat ini, sembari menunggu pemasangan rangka bailey di jembatan Waikaka, dibuat jalur transportasi darurat pada bagian bawah jembatan sehingga kendaraan bisa lewat.

"Jadi untuk sementara sekarang dibikin darurat dulu, sudah dapat bantuan rangka bailly dari Kementerian, saat ini kita normalisasi sungai agar sungainya diarahkan ke Waitala, sehingga air di Waikaka berkurang, (kendaraan) bisa lewat bawah dulu sambil pemasangan rangka bailly,"jelasnya.

Dengan dibuatkannya jalur darurat pada bagian bawah jembatan itu, kata Usemahu, kendaraan tidak perlu lagi harus melewati Taniwel untuk ke Masohi.

"Sehingga lalu lintas tidak perlu lewat taniwel lagi kalau mau ke Masohi, tapi bisa langsung lewat lintasan bawah,"tandasnya.

Sekedar tahu, saat mengunjungi korban gempa di Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah pekan kemarin, Presiden Jokowi perintahkan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, untuk secepatnya menyelesaikan Jembatan Waikaka, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Maluku SBB yang rusak diterjang banjir beberapa bulan lalu.

"Untuk itu, dalam pertemuan, Bupati dan Gubernur menyampaikan jembatan Waikaka yang sudah ambruk, sehingga perlu dibangun kembali. Tadi malam sudah perintahkan Menteri PUPR akan segera secapatnya diselesaikan dan dikerjakan,"ungkap Jokowi dihadapan para pengungsi serta pejabat yang hadir.

Dikatakan Jokowi, penyelesaian perbaikan jembatan ini dimaksudkan agar akses transportasi baik yang menghubungan desa maupun kecamatan di Kabupaten Maluku Tengah-SBB bisa berjalan dengan baik.

"Jalan yang menghubungkan kecamatan antar kecamatan, harus diselesaikan"tandasnya. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga