Sekilas Info

Kapolda Santuni Keluarga Alfin Tengah Malam

Istimewa

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Duka mendalam dirasakan Kepala Polda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa, atas kepergian Alfin Lestaluhu, bek timnas Garuda Indonesia U16, menghadap Sang Pencipta, Kamis (31/10) lalu.

Jenderal Bintang Dua ini baru mengetahui meninggalnya pesepakbola jebolan SKO Ragunan ini dari pemberitaan media massa, Jumat malam (1/11) lalu. Kala itu, mantan manager FC Bhayangkara ini sedang berada di Jakarta.

Membaca berita media, Royke langsung menghubungi Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Mohamad Roem Ohoirat. Ia memerintahkan untuk menemui keluarga pemain andalan Garuda muda saat itu juga di rumahnya, Tulehu, Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.

“Saya ditelepon pada Jumat malam. Saya diperintahkan untuk memberikan santunan dari Polda Maluku kepada keluarga korban. Saya bilang esok pagi, tapi beliau meminta saat ini juga (Jumat). Makanya sekitar jam 12 malam kami menuju rumah keluarga korban,” kata Ohoirat, Senin (4/11).

Atas permintaan mantan Kakorlantas Polri ini, juru bicara Polda Maluku itu langsung menghubungi anggota untuk berkoordinasi dengan pihak keluarga. Saat itu, keluarga almarhum diketahui sedang berada di lokasi pengungsian.

“Saya bilang anggota bahwa kami akan menjenguk keluarga almarhum di lokasi pengungsian. Tapi keluarganya meminta untuk di rumah saja. Makanya kami datang ke rumah sambil menunggu datangnya ayah dan ibu korban yakni Erwin Lestaluhu dan Siti Nurbayah Lestaluhu,” katanya.

Sejumlah uang, kata Ohoirat, diberikan secara langsung kepada ayah dan ibu almarhum. Berapa jumlahnya, mantan Kapolres Kepulauan Aru dan Maluku Tenggara ini enggan menyebutkan.
“Jangan disebutkan jumlahnya lagi, nanti jadi riya (dianggap sombong). Yang jelas, Pak Kapolda merasa kehilangan sekali,” katanya.

Santunan diberikan kepada keluarga Alfin yang tutup usia dimasa belia yakni 15 tahun ini, karena dianggap telah mengharumkan nama bangsa dan membela Negara Indonesia dalam persepakbolaan dunia. Bahkan, remaja dibawa umur ini juga berhasil menyumbangkan gol saat melawan Filipina.

“Alfin telah mengharumkan nama bangsa dan Maluku khususnya. Atas jasanya itu, santunan yang diberikan tersebut merupakan bentuk penghargaan dari Polda Maluku,” tandasnya. (CR1)

Penulis:

Baca Juga