Sekilas Info

4 Meninggal, Jamaah Haji Tiba Ambon

Foto: Zainal/Kabar Timur

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Jumlah jamaah haji Maluku meninggal dunia di musim haji tahun 2019 bertambah. Sebelumnya dua jamaah haji Maluku atas nama Ahmad Dahlan bin Fattah (74 tahun) asal Kabupaten Buru dan Hasan Raharusun (73), Kabupaten Maluku Tenggara meninggal saat melaksanakan wukuf di Arafah. 

Dua jamaah haji lainnya yang meninggal adalah Nasia Nasir Dede, jamaah haji asal kabupaten Buru Selatan. Jamaah haji Kloter 12 ini meninggal di asrama haji Sudiang, Makassar. Dan Lussy Rahma Sabar, jamaah Kabupaten Seram Bagian Timur yang tergabung dalam Kloter 14. Wanita usia 59 tahun ini meninggal di Makkah, Arab Saudi.

Wafatnya empat Tamu Allah ini meninggalkan duka mendalam, bukan saja keluarganya, tapi juga daerah. Duka juga dirasakan Gubernur Maluku, Murad Ismail. Menurutnya, empat jamaah haji yang meninggal dunia menjadi duka yang terdalam bagi Maluku. Kepada keluarga jamaah haji yang ditinggalkan, Murad berharap, tetap tabah dan bisa menerima dengan lapang dada.

“Untuk mencapai predikat haji mabrur tidaklah mudah, butuh proses panjang yang melelahkan. Selaku Pemerintah Provinsi Maluku, kami turut berduka atas empat orang jamaah haji yang wafat saat menunaikan rukun Islam kelima ini,” kata gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Maluku, Hamin Bin Taher, pada pemyambutan jamaah haji Maluku di Asrama Haji Waiheru, Ambon, Selasa (27/8).

Jamaah haji yang telah kembali berkumpul bersama keluarga setelah menjalankan ibadah haji diharapkan bisa menjadi teladan setelah kembali di kampung halaman masing-masing.

“Diharapkan jamaah haji dapat menunjukan sikap pribadi yang positif, senantiasa meningkatkan ketaqwaan dan menjadi teladan bagi masyarakat di lingkungan sekitar, sehingga bisa memberikan nilai positif bagi pembangunan mental masyarakat dilingkungan yang menjadi tempat tinggal jamaah haji,” harap dia. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku, Fesal Musa’ad menyebutkan, tahun ini total jamaah haji Maluku 1.272 orang. Empat diantaranya meninggal dunia. Proses pemulangan jamaah haji dari Makassar selama dua hari.  

Kemarin, jamaah dipulangkan tiga kali penerbangan dengan pesawat Lion Air. Sebanyak 450 orang jamaah haji Maluku yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 12 telah tiba, namun tiga diantaranya meninggal dunia. “Satu jamaah haji masih dirawat di rumah sakit Makkah, atas nama Lili Latarisa dari Maluku Tengah,” jelasnya.

Kloter 12 tiba di Bandara Pattimura Ambon pukul 09.00 WIT, sebanyak  215 jamaah haji. Terdiri dari jamaah haji Malteng  187 orang dan 23 orang yang merupakan sebagian jamaah haji Kabupaten Buru. Pukul 15.00 WIT, penerbangan kedua yang mengangkut 25 jamaah haji tiba di Ambon. Mereka adalah sebagian jamaah  kabupaten Buru. 

“Penerbangan ketiga tiba pukul 18.30 WIT,  sebanyak 215 jemaah. Terdiri dari 68 orang sebagian jemaah Haji Buru, Bursel 48 orang, dan 94 jemaah haji Kota Ambon,” sebut dia. Hari ini, 210 jamaah Kota Ambon tergabung dalam kloter 13 didampingi lima orang petugas haji, akan tiba pukul 08.10 WIT.

Selanjutnya pukul 12.30 WIT, rombongan haji kloter 13 lainnya berjumlah 215 jamaah. Terdiri dari 61 jamaah haji Kota Ambon, 5 jamaah haji Kabupaten MBD, 122 jamaah Kabupaten SBB. “Ditambah 20 orang jamaah haji SBT yang diambil dari kloter 14 untuk melengkapi kepulangan rombongan haji ini, bersama dua orang petugas haji akan pukul 13.00 WIT,” sebut dia.

Rombongan haji terakhir yang tergabung dalam kloter 14 akan tiba pukul 15.00 WIT. “Jumlahnya 96 jamaah haji SBT didampingi 5 petugas haji,” imbuh Fesal. (MG5)

Penulis:

Baca Juga