Sekilas Info

Bulog Pasok 5.000 Ton Beras

Arif Mandu

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Kepala Divisi Regional (Divre) Perum Bulog Maluku, Arif Mandu mengatakan telah memasok  5.000 ton beras dari Sulawesi untuk memperkuat stok beras di gudang BUMN itu yang tersebar di Kota Ambon, Tual dan Ternate.

“Sekarang ini sudah Masuk di Ambon sebanyak 1.000 ton, tinggal proses pembongkaran dan 1.000 ton lainnya dalam perjalanan dari Sulawesi,” ujarnya di Ambon, Senin (26/8).

Untuk gudang di Tual dan Saumlaki masing-masing 1.000 ton juga dalam perjalanan, sedangkan untuk gudang di Ternate sebanyak 1.000 ton masih dalam proses.

“Kalau semuanya sudah masuk maka stok beras Maluku cukup aman dan terkendali hingga beberapa bulan ke depan,” ujarnya.

Sedangkan untuk stok yang ada sekarang ini sebanyak 11.000 ton yang tersebar di gudang Kota Ambon, Tual Saumlaki dan Ternate cukup untuk melayani permintaan masyarakat hingga empat bulan ke depan.

Ia mengimbau masyarakat di Maluku tidak perlu takut, karena Perum Bulog masih mempunyai stok beras yang cukup banyak, begitu juga gula pasir, minyak goreng dan tepung terigu yang siap untuk melaksanakan operasi pasar.

“Jadi saya kira untuk kondisi stok tahun ini terutama menghadapi cuaca ekstrem belakangan ini yang sering melanda Maluku tetap aman,” ujarnya.

Konsumsi beras di Maluku rata-rata 3.000 ton/bulan, karena itu Bulog selalu mengantisipasi persediaan empat hingga lima bulan.(AN/KT)

Penulis:

Baca Juga