Sekilas Info

Lomba Perahu Semang Meriahkan Event Darwin-Ambon Yacht Race

Foto: Ist

AMBON- Pemerintah Kota Ambon menggelar sejumlah lomba mata lomba untuk meramaikan event perahu layar Darwin-Ambon Yacht Race. Benerapa lomba tersebut antara lain lomba dayung perahu semang, tarompa, tarik tambang dan pukul bantal yang dilaksnakan di Desa Amahausu, Jumat (9/8).

Ketua Komite Darwin-Ambon Yacht Race Robby Silooy mengatakan, lomba perahu semang diikuti oleh tujuh perahu. Bukan hanya perahu semang tapi juga perahu-perahu hiasa yang turut berpartisipasi ramaikan event ini.

“Yang ikut masyarakat Amahusu dan masyarakat Rumah Tiga. Perahu start mulai dari Pantai Talpak Kuda hingga finish di Amahusu,”sebut Asisten II Pemkot Ambon itu kepada wartawan.

Selain lomba panggayo perahu semang, kata Silooy, ada juga lomba lain hyang dilombakan seperti tarik tambang, tarompa dan pukul bantal.”Pembagian tropi nantinya akan dilaksanakan esok (Sabtu),” kata Silooy.

Silooy mengatakan, partipasi masyarakat juga meningkat untuk mendukung event tersebut. “Jumlah penduduk Desa Amahusu kurang lebih 106 kepala keluarga, nah kalau satu KK datang dua datang saja sudah banyak belum tambah masyarakat yang berdekatan. Saya cek di rumah-rumah makan sekitar, makanan cepat habis sebelum jam sehinga dimasak itu berarti partisipasi masyarakat meningkat dalam kegiatan ini,”paparnya.

Sementara Sekretaris Kota (Sekot) Ambon Anthony Gustav.Latuheru mengatakan, tahun depan kegiatan perahu semang ini akan dibuat lebih meriah dari tahun ini.

“Dengan melibatkan banyak perahu dari negeri-negeri di Kota Ambon.Harapan saya, cerita ini bukan hanya lomba perahu layar tapi cerita juga ada perahu semang putri dan juga putra,”ujar Latuheru.(MG2)

Penulis:

Baca Juga