Sekilas Info

Harga Hewan Kurban di Ambon Bervariasi

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Harga hewan kurban jenis kambing yang ditawarkan para pedagang musiman di berbagai lokasi di Kota Ambon cukup bervariasi.

Pantauan di beberapa lokasi penjualan di sepanjang jalan Sudirman, kawasan Desa Batu merah, Kota Ambon, pedagang menawarkan harga hewan kurban jenis kambing mulai dari Rp2 juta hingga Rp3 juta/ekor, tergantung ukuran.

Pedagang dari pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya  (MBD), Ojong mengatakan, harga kambing yang ditawarkan memang bervariasi sesuai ukuran hewan.

“Yang agak kecil kami menawarkan harga Rp2 juta, ada yang Rp2,5 juta atau Rp3 juta/ekor,” ujarnya di Ambon, kemarin.

Harga kambing diakui relatif mahal, karena biaya angkutan di kapal dari Moa ke Ambon juga mahal, jadi pedagang harus pandai-pandai menghitung untuk berjualan supaya tidak merugi.

“Saya bersama teman dari Moa dengan membawa 70 ekor kambing, dengan membayar ongkos angkut di kapal Rp100 ribu/ekor sampai di Ambon,” ujarnya.

Selama sepekan di Ambon, lanjutnya, sudah 20 ekor yang terjual, dan diharapkan dua hari menjelang hari raya kurban semuanya sudah habis terjual.

Ojong menjelaskan, pembeli pada umumnya organisasi, pengusaha dan juga instansi pemerintah. “Kalau perorangan hanya sedikit yang membeli,” sebutnya.

Ojong mengaku baru pertama kali ke Ambon menjual langsung hewan kurban. Dia mengikuti temannya yang sudah beberapa tahun berdagang hewan kurban di Ambon.

“Kambing yang kami jual ini juga bukan saja milik pribadi tetapi ada juga hasil pembelian dari saudara di Moa untuk dijual di Ambon,” ujar Ojong. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga