Sekilas Info

Ambon Jadi Salah Satu Kota Pelaksana SIPP

SENHTIA FIRNANDUS/KABARTIMURNEWSPELATIHAN: Asisten I Pemkot Ambon, Robby Silooy, saat memberikan sambutan di sela-sela pelatihan SIPP di ruang rapat lantai II Balai Kota Ambon, Senin (5/8).

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Dari 12 kota di Indonesia, salah satunya Kota Ambon ditunjuk sebagai salah satu kota yang melaksanakan pelatihan Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP). Demikian diungkapkan Asisten I Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon Robby Silooy di sela-sela pelatihan SIPP, di ruangan rapat lantai II, Balai Kota Ambon, Senin (5/8).

Silooy menjelaskan, SIPP merupakan salah satu program kebijakan pada Peraturan Pemerintah Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Permenpan-RB) Nomor 13 tahun 2017 tentang SIPP.

“SIPP sebagai media informasi elektronik satu pintu yang meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta memekanisme penyampaian informasi dari penyelenggaraan pelayanan publik kepada masyarakat,”jelas Silooy.

Silooy mengatakan, dengan SIPP masyarakat bisa mengakses informasi mengenai indeks pelayanan publik, indeks reformasi birokasi dan survei kepuasan masyarakat (SKM).

“Nantinya SIPP diharapkan dapat menjadi “big data” informasi terkait pelayanan publik,”harap Silooy.

Selain itu, akui Silooy, masing-masing instnasi juga menyertakan informasi mengenai jenis pelayanan, standar pelayanan, standard operating procedure (SOP) dan alur mengenai cara mendapatkan layanan hingga besaran biaya yang yang dibutuhkan untuk suatu layann.

“ Dengan kata lain, SIPP merupakan media untuk melakukan transparansi pelayanan publik,”jelasnya. (MG2)

Penulis:

Baca Juga