Sekilas Info

Tahun 2020 RS Pratama Dibangun

Meykal Pontoh

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Direncanakan tahun 2020 Rumah Sakit (RS) Pratama sudah mulai dibangun Kementerian Kesehatan, di Lirang, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). 

“Insya Allah tahun 2020 RS Pratama sudah mulai dibangun. Saya telah ditelepon Pak Dirjen Pelayanan Kesehatan, terkait hal ini,”ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meikal Pontoh kepada wartawan di kantor Gubernur Maluku, Kamis (1/8). 

Pontoh mengatakan, pembangunan RS Pratama ini merupakan usulan dari pemerintah daerah dan akan terus dipantau Kementerian Kesehatan. 

“Sebelumnya karena tidak ada usulan untuk pembangunan RS ini, pak Dirjen menelpon ke saya kenapa tidak ada usulan. Ternyata usulannya sudah disampaikan melalui Biro Perencanaan, Kementerian Kesehatan, dan memperkuat hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan MBD sudah mengirim langsung ke Dirjen, dan akan dipantau terus oleh beliau,”tuturnya. 

Jelasnya, kata dia, saat ini tenaga kesehatan yang ada di Pulau Lirang hanya lima orang. Sehingga untuk mendukung RS Pratama, perlu ada penambahan tenaga kesehatan dari pemda. “Untuk tenaga kesehatan mungkin dari Pemda, kemudian mungkin ada program Kementerian seperti Nusantara Sehat, didalamnya terdapat dokter, perawat, bidan akan ditempatkan disana,”ucapnya. 

Ditanya mengenai jumlah tenaga yang dibutuhkan, jelasnya sesuai standar, dokter umum pada setiap RS Pratama paling kurang tiga orang, ditambah perawat, bidan, apoteker dan sebagainya. 

Dirinya berharap, tenaga kesehatan yang akan dipekerjakan pada RS Pratama dari anak daerah. Untuk itu, Pemkab harus merencanakan rekrutmen tenaga dokter, bidan maupun perawat sehingga tidak lagi didatangkan dari daerah lain.

Terlepas dari hal tersebut, untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah perbatasan, termasuk Lirang, telah dilakukan pengobatan masal dari TNI-AD. “Jadi kita siapkan obat, pelaksanaannya dari mereka dan Kementerian Kesehatan,”tandasnya. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga