Sekilas Info

Disparbud Pagelaran Seni & Budaya

KABARTIMURNEWS.COM,  NAMROLE - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Buru Selatan menyelenggarakan pagelaran seni dan budaya, dipusatkan di alun-alun Kota Namrole, Kamis (11/7).

Pagelaran seni dan budaya yang dibuka ini diikuti perwakilan dari kecamatan, sanggar dan budayawan.

Bupati Tagop Sudarsono Soulisa melalui sambutannya yang dibacakan Asisten I Setda Kabupaten Bursel, Alfario Soumokil menuturkan pagelaran seni budaya daerah Kabupaten Buru Selatan tahun 2019 , dapat menumbuh kembangkan nilai-nilai budaya kearifan lokal khususnya tarian adat yang menunjukkan indentitas budaya lokal daerah setempat.

Bupati mengatakan, melalui pagelaran seni budaya daerah yang diselenggarakan oleh Disparbud Bursel dapat menciptakan kehidupan masyarakatdalam bingkai hidup orang basudara yang rukun sebagai perwujudan kebersamaan dalam perbedaan, berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 32 ayat 1 yang mengamanatkan bahwa Negara memajukan Kebudayaan Nasional.

Disampaikan berbagai aneka jenis kekayaan yang berlimpah ruah pada suatu daerah salah satunya adalah berdasarkan kebudayaan berbagai suku yang ada di Indonesia seperti adat istiadat, pakaian tradisional, aneka tarian dan musik serta lagu daerah tak lupa juga benda-benda cagar budaya yang cantik dan mempesona.

“Kabupaten Buru Selatan yang dihuni oleh berbagai marga atau soa serta ragam busana tradisional yang sesuai dengan marga atau soa masing-masing, ada juga lagu daerahnya perlu diangkat kembali dan direvitalisasikan tarian daerah yang sarat dengan makna,” kata bupati. (KTL)

Penulis:

Baca Juga