Sekilas Info

Mengintip Icon Wisata Kota Brisbane

Makin Malam, Makin Berjubel Pengunjungnya

KABARTIMURNEWS.COM, BRISBANE - Negeri kanguru itu, banyak menyimpan tempat (lokasi) wisata terbaik. Wisatawan regional dan manca negara dibuat takjub. Seperti apa magnet wisata Kota Brisbane?

Brisbane, merupakan kota terbesar ke-tiga, di Australia, setelah Darwin. Berpenduduk lebih dari dua juta orang, Brisbane dikenal sebagai kota Wisata yang tiada tara keindahan alamnya. Brisbane sendiri adalah Ibukota Negara Bagian dari Queensland, Australia.

Wisata memang jadi sektor unggulan kota ini. Dari sektor wisata inilah geliat ekonomi Kota Brisbane menjadi terdepan. Terdapat banyak lokasi wisata di Kota Brisbane. Misalnya Obor (Kalau di Ambon seperti obor Pattimura). Bedanya, kalua di Kota Brisbane, Obor itu dipagari dengan pagar parmanen dan obor terus menyalah tak pernah padam.

Konon ceritanya obor itu terus hidup (menyala), sejak Kota Brisbane ada. Obor itu pun, berada tepat di jantung Kota Brisman. Lokasi obor itu, tak pernah sepi pengunjung.

“Wisatawan regional atau menca negara tak luput, bila datang (berkunjung) di Kota Brisbane pasti ke situ (lokasi obor). Lihat saja, lokasi atau tempat dimana obor itu berada selalu rame,” kata Gan, salah satu mahasiswi asal Indonesia yang jadi pemandu Rombongan Pemerintah Kota Ambon dan Kabar Timur, saat menghadiri Pertemuan Walikota se-Asia Pacifik, di Kota Brisbane, yang akan dibuka, Senin, 8 Juli 2019 (hari ini).

Indonesia sendiri, mewakili sebanyak 23 Walikota yang hadir, pada acara tersebut. Masing-masing Walikota datang bersama Tim (staf), berjumlah belasaan orang. Rombongan terkecil hanya Kota Ambon. Tercatat hanya 9 orang termasuk Walikota Richard Louhenapessy.

Kembali ke icon wisata Kota Brisbane. Detail soal obor masih akan ditelisik lebih jauh. Karena Obor, memang unik dan pasti punya cerita dibaliknya. Keunikannya berada di jatung kota dan terus menyalah bak obor PON atau Olimpiade yang mulai dihidupkan sejak dibuka dan dipadamkan begitu acaranya usai. Tapi Obor di Kota Brisbane terus menyala hingga kini.

Selain itu, sungai Brisbane, menjadi daya tarik tersendiri. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Queensland, Australia, yang mengalir melalui Kota Brisbane dan bermuara atau akhir di Moreton Bay, dengan Panjang sekitar 344 KM.

Sungai ini jadi salah satu icon wisata. Masih banyak lokasi-lokasi wisata di Kota Brisbane. Setidaknya terdapat sebanyak 23 lokasi wisata terbaik, diantaranya: Lone Pine Koala Sanctuary.

Lokasi ini hanya berjarak 12 KM dari Kota Brisbane. Disana terdapat wisata cagar alam. Terdapat ratusan ekor kanguru, yang bisa dilihat oleh pengunjung atau wisatawan yang bertandang kesitu.

Ada juga “Gallery of Modern Art” adalah sebuah museum seni yang dikenal dengan sebutan Goma. Museum ini dibuka pada 2 Desember 2006, lalu. Goma merupakan salah satu galeri terbesar dari seni modern dan kontemporer di Australia.

Juga ada lokasi wisata bernama: “Brisbane City Hall” di King George Squre. Ini merupakan tempat bagi dewan dari Kota Brisbane sendiri, dengan ketinggian bangunan 91 meter, telah dibuka sejak 8 April 1930. Pelbagai fasilitas tersedia mulai dari kafe hingga carpark.

PUNCAK

Nama Puncaknya: “Mt Goot -tha Summit Lookout.” Dari Kota Brisbane kurang lebih setengah jam, dengan kecepatan mobil 80-100 KM, sudah bisa tiba diatas puncak itu.

“Mulai pagi hingga malam puncak itu tak pernah sepi, apalagi malam. Jadi makin larut malam, makin rame puncak Mt Goot-tha Summit Lookout itu,” kata Gan bertutur.

Bersama Walikota Richard Louhenapessy dan rombongan, Sabtu malam, kami mengunjungi puncak bukit itu. Berada diatas bukit, sungguh buat kami semua takjub.

Dari ketinggian, tampak terlihat pemandangan Kota Brisbane dengan germerlap warna-wani lampu dari Gedung-gedung bertingkat dan seisi kota, bak surga. Belum lagi, riwa-riwi pesawat terbang datang dan pergi tampak jelas dari atas puncak itu.

Seperti kita melihat Kota Ambon di malam hari dari atas Gunung Nona atau Karang Panjang. Bedanya di Kota Brisbane diatas puncak: “Mt Goot -tha Summit Lookout” lokasinya dibangun khusus untuk kepentingan wisatawan. Puncak ini, juga merupakan salah satu icon wisata yang paling top di Kota Brisbane.

Udaranya yang dingin, view yang indah, cukup buat wisatawan begitu menikmati keindahan malam maupun pagi. “Pas paginya juga sangat diminati wisatawan. Indah sekali. Karena matahari tampak naik dari balik Gedung-gedung bertingkat,” kata Gan.

Pagi, siang dan malam keindahan Kota Brisbane dari atas puncak “Mt Goot-tha Summit Lookout” dengan fasilitas berupa kafe yang menyediahkan pelbagai jenis minuman dan cindera mata, melengkapi wisata kami, maupun wisatawan lainnya yang berkunjung kesitu.

Setidaknya, dari atas Puncak “Mt Goot-tha Summit Lookout” akan menjadi spirit menuju wisata Maluku khususnya Kota Ambon menjadi lebih baik pengelolaannya kedepan. (KIE)

Penulis:

Baca Juga