Sekilas Info

Bupati Diminta Tegur Kadis Perumahan MBD

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) tingkat ekonomi pejabat daerah konon makin mapan, karena pandai memanfaatkan peluang bisnis. Tapi cara berbisnis yang digunakan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman MBD, Rein Kainama ini berpotensi korupsi. Alhasil, dia disoroti masyarakat dan meminta Bupati MBD, Benjamin Noach menegur anak buahnya tersebut. Rein terpantau masyarakat kerap menggunakan mobil dinas untuk memasarkan ikan dan air galon sampai pelosok MBD.

“Ada foto ikan-ikan besar satu depa dengan galon-galon air dalam mobil. Masyarakat liat mobil itu dipakai jual ikan, terpantau di Desa Moain, Moa Timur,” ungkap tokoh masyarakat MBD Herman Syamiloy kepada Kabar Timur, Jumat (5/7).

Menurut pemerhati sosial MBD ini, kelakuan pejabat di daerahnya terjun ke dunia bisnis mulai tren saat ini. Tapi yang disesalkan jika itu dilakukan menggunakan fasilitas pemerintah.

Sebut saja dalam kasus dugaan penggunaan mobil dinas oleh Rein, dikuatirkan bahan bakar maupun spare part mobil dibeli dengan nota dinas. Begitu juga, kalau mobil dinas diperbaiki dibengkel.

“Ale (Rein) bisnis itu hak, tapi yang beta seng makan abis kalau bensin habis pasti alasannya (mobil) pelat merah. Kalo rusak, ke bengkel pasti pakai nota kantor, karena pelat merah, itu kan bisa terindikasi korupsi,” ujar Herman.

Soal tren bisnis pejabat di MBD, juga dinilai pihaknya seolah didukung oleh kondisi birokrasi. Sebut saja, ketersediaan air bersih di daerah itu kondisinya miris karena sikap Pemda MBD selama ini.

Bisnis air bersih dengan mobil tanki air kini menjamur, dilakoni sejumlah pejabat dan terkesan dipelihara. Indikasi itu kelihatan dari tidak gencarnya Pemda MBD, dalam program pembangunan sarana air bersih masyarakat di daerah berjuluk Kalwedo itu. (KTA)

Penulis:

Baca Juga