Sekilas Info

Waspadai Gelombang Bisa Mencapai 6 Meter

CUACA EKSTRIM: Gelombang tinggi akbat cuaca ekstrim pernah melanda Kota Ambon beberapa tahun lalu.

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Peringatan Dini (early warning) gelombang tinggi di sekitar Perairan Laut Maluku, dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon, sejak 7 Mei-10 Mei 2019.

Di perairan laut Banda, Kabupaten Maluku Tengah, sendiri diperkirakan sedang terjadi Low Pressure yang dapat menyebabkan tinggi gelombang mencapai 3 sampai dengan 6 meter.

“Untuk dua hingga tiga hari kedepan, seperti prakiraan yang telah kami keluarkan, tinggi gelombang di wilayah Laut Banda bisa mencapai 3 hingga 6 meter,” ungkap Ot Oral S, Kepala Stasiun Meteorologi Pattimura, dalam laman whatsapp grup BMKG Ambon, Selasa (7/5/2019).

Kondisi Low Pressure atau keadaan cuaca gelombang dan kumpulan awan extrim di laut Banda, tambah Oral, sudah terpantau sejak 3 Mei 2019.

“Jika ada tekanan rendah di daerah yang dimaksud maka potensi pertumbuhan awan-awan hujan di daerah tersebut akan aktif dari biasanya,” jelasnya.

Menurutnya dari kondisi tersebut jika awan hujan yang tumbuh adalah awan Cumolonimbus maka potensi angin kencang yang dihasilkan dapat mempengeruhi tinggi gelombang daerah sekitarnya.

“Warga diharapkan waspada. Dan terkait larangan berlayar merupakan kewenangannya KSOP,” terangnya.

Selain perairan laut Banda bagian Selatan dan Utara, yang potensi gelombang tinggi diprediksi mencapai 0,5 sampai 6 meter, juga akan terjadi di laut Kabupaten Seram Bagian Barat dan Seram Bagian Timur. Dimana tinggi gelombang dapat mencapai 0,1 sampai 1,25 meter.

Di perairan Selatan Ambon tinggi gelombang diprediksi setinggi 0,5 sampai 2,5 meter. Perairan Kepulauan Kei, Aru, dan Tanimbar, tingginya bisa mencapai 0,1 sampai 3 meter.

Untuk Kepulauan Babar, Sermata-Leti, potensi gelombang bisa mencapai 0,5 sampai dengan 6 meter. Sedangkan untuk laut Arafura bagian Barat dan Tengah, dapat mencapai 0,5 sampai 4 meter. (CR1)

Penulis:

Baca Juga