Sekilas Info

BMKG Akan Bangun Alat Pemantau Gempa di Namrole

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buru Selatan Awath Mahulauw mengungkapkan, shelter dan alat sensor gempa bumi akan dibangunan di Namrole dalam tahun ini.

Pembangunan peralatan tersebut dikerjaakan ole Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Ambon.

“Jadi tadi (Senin) saya lakukan koordinasi dengan Kepala BMKG Kelas I Ambon pak Sunardi, dalam tahun ini pihak BMKG akan membangun shelter dan alat sensor gempa bumi di Namrole,”tandas Mahulauw kepada Kabar Timur melalui telepon selulernya, kemarin.

Menurut dia peralatan itu akan ditempatkan pada wilayah yang pusat penduduknya padat. Sesuai hasil survey lokasi yang menjadi sasaran pembangunan tersebut yakni di Desa Masnana, Kecamatan Namrole.

“Peralatan ini dikonsentrasikan pada pusat penduduk yang ramai dan sesuai hasil survey itu ditempatkan di Desa Masnana,”sebut Mahulauw.

Dikatakan sesuai hasil koordinasi dengan pihak BMKG, pemerintah daerah harus menyiapkan lahan untuk pembangunan dimaksud.

“Atas usulan tersebut, maka saya akan kembali dan berkoordinasi dengan kepala desa setempat untuk siapkan lahan pembangunan shelter dan alat sensor gempa di desa masnana,”katanya.

Mahuwalau menyebutkan anggaran pembangunan alat ini, berasal dari pemerintah pusat. “Anggarannya saya tidak tahu berapa besarannya tetapi sumbernya dari pemerintah pusat. Dan tadi sesuai koordinasi akan dibangun tahun ini,”katanya lagi.

Sembari menambahkan agar lewat peralatan ini nantinya dapat dilakukan deteksi dini apabila ada peristiwa gempa di wilayah buru selatan sehingga dapat mengantsipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (KTL)

Penulis:

Baca Juga