Sekilas Info

Terkam Kambing, Buaya Ditemukan Mati

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Seekor buaya kembali ditemukan warga di Maluku. Hewan buas itu ditemukan Warga Hualoy, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Minggu (31/3) sore di sungai Wae Komdo.

Buaya sepanjang tiga meter itu ditemukan telah mati.

Salah seorang warga Hualoy, Said menuturkan, awalnya masyarakat berencana menangkap buaya tersebutkarena menerkam seekor kambing di hutan Oko.

Warga megikuti jejak buaya hingga ke sungai Wae Omdo. “Kronologisnya, saat menerkam seekor kambing, warga mengikuti jejak buaya hingga ke Wae Komdo. Di situ warga menunggunya dan ditangkap,” jelasnya.

Namun saat ditemukan di sungai Wae Komdo, buaya tersebut sudah mati. “Warga menemukan buaya sejak sore hari, sekitar pukul 16.00 WIT. Tapi menurut warga, sudah dalam keadaan mati,” sambungnya.

Bangkai buaya itu dievakuasi ke bawah jembatan Kali Ama kawasan hutan desa Hualoy. “Sementara ini buaya belum bisa diapa-apakan. Dan masih jadi tontonan warga,” ujarnya.

Berdasarkan informasi warga, masih ada sekitar enam ekor buaya berkeliaran di sekitar kawasan tersebut. “Itu menurut informasi, benar tidaknya belum bisa dipastikan,” tandasnya.

Terpisah, Kepala BKSDA Maluku, Mukhtar Amin Ahmady mengatakan sampai saat ini petugas dari BKSDA Maluku belum datang ke TKP.

“Dengan pertimbangan, pertama Hualoy baru saja terjadi konflik antar kampung, sehinga kami harus waspada terhadap keamanan petugas. Kedua, buayanya sudah mati, sehingga tidak ada lagi upaya penyelamatan, hanya tinggal di kuburkan,” sebutnya dihubungi, tadi malam.

Dengan pertimbangan itu, personilnya baru ke TKP hari ini. “Besok pagi personil akan ke TKP, untuk investigasi buaya yang tertangkap sekaligus menggali informasi kemungkinan ada buaya lain,” ujarnya.

Apakah di Hualoy termasuk habitat buaya? Akan dipastikan setelah personilnya melakukan investigasi di lapangan. “Terkait Kepastian daerah Hualoy merupakan habitat buaya atau bukan, besok setelah personil investigasi di lapangan,” pungkasnya. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga