Sekilas Info

Buka Seribu Lowongan “Anak Daerah”

Hambra Samal

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Deputi Bidang Infrastruktur dan Bisnis Kementerian BUMN, Hambra Samal mengungkapkan, di tahun 2019 ini, Kementerian BUMN menyediakan khusus seribu porsi lowongan kerja sebagai pegawai tetap BUMN untuk wilayah Indonesia Timur.

Seribu lowongan pegawai tetap BUMN ini merupakan bagian dari program besar yang digalakkan Kementerian BUMN, yakni Rekrutmen Bersama Pegawai BUMN dengan total porsi se-Indonesia mencapai 11.000.lowongan.

Menariknya, lowongan Rekrutmen Bersama Pegawai Tetap BUMN ini mensyaratkan pelamarnya haruslah bermarga sesuai kalsifikasi wilayah. Artinya, untuk Wilayah Indonesia Timur, persyaratannya haruslah bermarga Indonesia Timur.

“Persyaratannya harus bermarga Indonesia Timur. Sudah harus tinggal berapa lama di Indonesia Timur. Jadi kalau dia bermarga Indonesia Timur, tapi KTP Jawa itu nggak masuk, karena ini benar-benar Indonesia Timur,”jelasnya kepada awak media di Universitas Pattimura Ambon, Kamis (28/3).

Selain itu, Kementerian BUMN juga mebuka 1.000 lowongan pegawai tetap untuk difabel. Tidak hanya itu saja, diluar perekrutan pegawai tetap ini kata Samal, Kementerian BUMN juga menyediakan 27.000 peluang kerja se-Indonesia.

Menyoal kuota khusus untuk Maluku, dia mengaku tidak ada. “27.000 itu tidak ada kuota khusus berapa banyak. Ini project sesuai lokus. Misalnya orang Indonesia Timur yang dapat sesuai lokus project yang dijalankan BUMN. Intinya project dimanapun, diwajibkan merekrut mereka (anak daerah) sebanyak-banyaknya,”tandasnya. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga