Sekilas Info

Kejurda Road Race Diundur Awal April

Panitia penyelengara berbenah menyiapkan arena balap Kejurda road race di Kota Namrole, kemarin. DOK.KABAR TIMUR

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Kejuaraan daerah (Kejurda) road race memperebutkan piala Bupati Buru Selatan (Bursel), diundur. Sebelumnya dijadwalkan 30-31 Maret 2019.

“Jadwal semula yang kita tetapkan 30-31 Maret, tetapi bergeser dari rencana awal,” tandas Koordinator IMI Kabupaten Bursel, Gerson Selsily kepada Kabar Timur di Namrole, kemarin.

Selsily yang juga Wakil Ketua DPRD Bursel ini mengungkapkan event ini akan berlangsung 1-2 April 2019. Alasan pengunduran pelaksanaan kejurda road race disesuaikan dengan jadwal Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa.

Diberitakan sebelumnya, Namrole, Ibukota Kabupaten Buru Selatan akan menjadi tuan rumah Kejurda road race memperebutkan piala bupati Bursel. Ajang balap motor ini akan diikuti pembalap lokal Maluku maupun luar daerah.

“Kejurda balap motor memperbutkan piala Bupati Bursel akan kita selenggarakan 30-31 Maret 2019,” kata Ketua Panitia Penyelenggara, Romy Diaz kepada Kabar Timur di Namrole, pekan kemarin.

Road race diselenggarakan atas kerjasama Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bursel dengan IMI Maluku. “Anggaran pelaksanaan dari KONI Kabupaten Bursel. Pelaksana Kejurda IMI Bursel bekerjsama dengan IMI Maluku,” ujar Diaz.

Pendaftaran dibuka 11-25 Maret 2019. “Itu untuk di seputaran Kota Ambon dan sekitarnya. Sementara untuk di Namrole pendaftaran masih dibuka hingga 28 Maret,” sebut dia.

Dia memastikan kejurda road race bakal seru dengan kehadiran pembalap dari Surabaya dan Makassar. “Bukan hanya pembalap lokal ada juga pembalap Pulau Jawa dan Sulawesi yang sudah menyatakan kesiapannya mengikuti ajang ini,” ungkap Diaz.

Road race akan berlangsung di ruas jalan lingkar kantor bupati di kawasan kilometer dua, Kota Namrole. Road race memainkan 11 kelas. Yakni kelas bebek 125 CC (4 tak, MP-1, mix open non kategori), kelas bebek 150 CC (4 tak, spek MP-2, mix open non kategori). Kelas bebek 125 CC (4 tak mix lokal Maluku, spek MP-3 usia 18 tahun ke atas). Kelas Bebek 150 CC (4 tak mix lokal Maluku, MP-3 usia 18 tahun ke Atas).

Berikut matic  130 CC standar lokal Maluku, matic 130 CC tune up open, sport 140 CC 2 tak. Kelas sport 140 CC 2 tune up lokal Maluku, kelas sport 150 CC 2 tak standar open, kelas bebek 125 CC 2 tak standar Maluku dan super moto sport dan trail Open.

Total bonus sebesar Rp 60 juta plus tropi. Pembalap yang meraih juara umum mendapatkan 1 unit motor.

Diaz memastikan kesiapan panitia mencapai 85 pesen dan direncanakan 29 Maret digelar latihan resmi. “Tanggal 29 Maret latihan resmi. Sementara perlombaan 30-31 Maret mendatang,” katanya.

Panitia juga menggandengan Dinas Kesehatan dan Perhubungan Bursel serta kepolisian untuk mendukung suksesnya Kejurda.

Diaz berharap seluruh masyarakat di Namrole mendukung Kejurda road race. “Kita mohon doa dan dukungan seluruh pihak terutama masyarakat di Namrole agar kegiatan ini berjalan lancar dan sukses,” harapnya. (KTL)

Penulis:

Baca Juga