Sekilas Info

Banyak Warga Belum Paham Cara Pencoblosan Pemilu

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Pemilu serentak 17 April 2019, sebentar lagi. Waktu yang semakin dekat ini, sebagian besar masyarakat Maluku masih belum mengetahui tata cara pencoblosan Pemilu presiden maupun Pemilu legislatif. Hal ini ditemukan saat DPRD melakukan pengawasan.

“Pengawasan DPRD Maluku beberapa waktu lalu, saya ditanyai warga soal bagaimana tata cara pencoblosan di Pemilu 17 April 2019. Saya heran, Pemilu makin dekat tapi sebagian besar warga Dusun Toisapu Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon belum mengetahui tata cara pencoblosan,” kata Anggota DPRD Maluku Cristian Leihitu kepada Kabar Timur di Ambon, kemarin.

Dia mengatakan, Pemilu serempak mendatang merupakan tahapan pemilu yang agak berbeda dari pemilu-pemilu sebelumnya. Pasalnya, pemilu 17 April 2019, masyarakat harus memberikan hak suaranya secara dengan cara mencoblos surat suara presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan kabupaten/kota.

Menurutnya, belum sepenuhnya masyarakat memahami cara mencoblos karena minimnya sosialisasi oleh penyelenggara pemilu hingga ke tingkat rukun tetangga (RT). “Sosialisasi harus aktif dilakukan, terutama di tingkat desa. Sebab, fakta yang saya temukan, sebagian besar masyarakat Kota Ambon di dusun Toisapu tidak mengerti cara pencoblosan. Saya saat itu yang mengajarkan ke warga (cara mencoblos surat suara),” kata politisi Partai Hanura ini.

Menurutnya, jika penyelenggara pemilu acuh dengan persoalan ini, maka kesalahan-kesalahan dalam pencoblosan bisa saja terjadi pada hari H. Padahal, rakyat menginginkan agar hak suaranya dapat disalurkan dengan cara yang benar.

“Kalau tidak ada sosialisasi tentang tata cara pencoblosan, saya pastikan banyak yang lakukan kesalahan saat berada di TPS (tempat pemungutan suara),” ujar Leihitu. Untuk itu, KPU diminta lebih aktif menjalankan tugasnya. “KPU provinsi maupun kabupaten/kota harus turun sosialisasikan masalah ini. Atau lakukan langkah-langkah efektif yang bisa memberikan pembelajaran atau pemahaman soal tata cara mencoblos,” pungkas anggota Komisi A DPRD Maluku itu. (MG3)

Penulis:

Baca Juga