Pengguna Jalan Keluhkan Kerusakan Jembatan Mamua

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Bukan saja kerusakan jalan di dusun Mamua Negeri Hila Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yang selalu dikeluhkan pengguna jalan, jembatan di wilayah itu pun demikan.

Jembatan yang menjadi jalan penghubung utama antar beberapa desa di Kecamatan Leihitu itu, kini cukup memprihatinkan. Lantai jembatan berbahan dasar kayu balok mulai berlubang dan rusak. Kondisi ini menjadikan pengguna jalan harus ekstra hati-hati melintasi jembatan tersebut.

“Ini jembatan penghubung antar desa. Tiap hari ratusan kendaraan berbeda muatan melintasi jalan ini. Jika kondisi ini terus dibiarkan, saya khawatirkan bisa memakan korban,” ujar salah satu sopir angkot, Hamjah Tatis kepada Kabar Timur dilokasi jembatan, Selasa (12/3)

Dia mengatakan, parahnya lagi apabila musim penghujan. Kondisi jembatan yang basah membuat lantai jembatan licin. Hal itu yang selalu dicemaskan pengguna jalan yang melintas.

“Kayu banyak yang rusak, baik disisi kiri maupun sisi kanan. Begitu juga dengan lubang-lubang yang makin hari makin bertambah. Kondisi ini yang dicemaskan pengguna jalan,” katanya.

Sopir angkot lainnya, Nuh Payapo mengaku, kerusakan lantai jembatan mamua sudah sejak 2018 lalu. Agar sedikit nyaman dilalui, warga setempat mengisi pasir batu (sertu) di bagian lantai yang rusak.

“Jadi warga mengisi sertu di bagian lantai yang rusak supaya lantai jembatan sama rata,” tandasnya.

Bagi dia, perhatian warga untuk mengisi sertu di bagian lantai yang rusak sangat membantu. Sebab, sudah menjadi kebiasaan para pengendara roda dua selalu memilih sisi jembatan yang masih bagus.

“Jika lantai jembatan tidak dibuat sama rata, maka sangat berpeluang terjadinya kecelakaan. Sebab, pengendara roda dua dari berlawanan arah akan lebih memilih lantai jembatan yang masih bagus,” pungkasnya.

Payapo berharap, Pemerintah Kabupaten Malteng maupun Pemprov Maluku bisa melakukan perbaikan jembatan mamua.

“Melihat arus kendaran yang semakin padat, sudah selayaknya Pemerintah memperbaiki jembatan mamua. Lebih bagus lagi jika membangun jembatan yang lebih besar dan permanan. Mengingat jalan di lokasi ini juga mengalami kerusakan yang sangat parah,” harapnya. (MG3)

Penulis:

Baca Juga